4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Pencari Kerja Sebelum Memilih Karier

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Pencari Kerja Sebelum Memilih Karier

Salah satu alasan banyaknya kutu loncat di dunia kerja karena ketidakmampuan para pencari kerja untuk memilih karier terbaik. Sehingga pekerjaan yang dipilih tidak sesuai dengan kriteria atau beberapa elemen lainnya. Agar kamu terhindar dari resiko tersebut silahkan pertimbangkan beberapa hal penting berikut.

Sumber : Lykos

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih Karier

  1. Karier dan Lifestyle

Hubungan antara karier dan lifestyle sangat dekat. Ketika kamu bekerja dan menghasilkan gaji kecil otomatis kamu tidak bisa memenuhi lifestyle mahal seperti sebelumnya.

Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apa karier yang kamu pilih mampu support lifestyle yang kamu impikan? Ini penting untuk menghindari kekecewaan dan penyesalan setelah masuk dan menjalani pekerjaan tersebut.

  1. Karier dan Tantangan

Salah satu alasan banyak pekerja yang memilih resign karena tantangan yang diberikan di perusahaan ternyata tidak mampu memenuhi ekspektasinya. Oleh karena itu, cobalah untuk menemukan pekerjaan yang tantangannya sejalan dengan harapanmu.

Terkecuali jika sejak awal kamu ingin bekerja sesuai zona nyaman. Tapi jika kamu tipekal pencari kerja yang mudah merasa bosan baiknya pilih karier yang punya banyak tantangan setiap harinya.

  1. Karier dan Kepribadian

Tahukah kamu jika setidaknya ada 6 tipe kepribadian yang dimiliki oleh pekerja modern. Mulai dari tipe artistic, enterprising, realistis, sosial, investigative, dan terakhir konvensional.

Jika kamu masuk pada kriteri tipe konvensional artinya kamu sangat menyukai keteraturan. Jenis pekerjaan yang paling cocok dan sesuai dengan tipe tersebut adalah administrasi, sekretaris maupun akuntan.

  1. Tempat Tinggal

Hal lain yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih karier adalah tempat tinggal. Apa perusahaan tempatmu bekerja berada di daerah yang sama atau tidak? jika pekerjaan tersebut berada di luar kota, lantas apa yang akan kamu lakukan?

Apa itu pindah ke kota dekat perusahaan dan menyewa rumah kontrakan? Atau memilih pulang pergi? Fleksiblitas dan efisiensi penting agar kamu bisa bekerja secara optimal bukannya lelah berada di perjalanan.

Itulah beberapa point penting yang bisa kamu pertimbangkan jika berencana mencari pekerjaan. Selain memastikan high salary, perhatikan juga aspek penting lainnya yang akan membuatmu betah atau tidak saat bekerja.