merawat laptop

4 Tips Merawat Laptop Agar Gak Gampang Rusak dan Tetap Awet!

Posted on

Laptop bukan merupakan barang yang murah, apalagi jika kamu membeli laptop dengan harga jutaan rupiah pasti kamu tidak ingin barang ini menjadi cepat rusak kan. Laptop akan cepat rusak jika laptop perawatan dan penggunaannya salah dan tidak tepat.

Nah, daripada kamu membuang uang lebih banyak karena kecerobohanmu sendiri dalam merawat laptop kamu bisa simak 4 tips merawat laptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

  • Jangan angkat laptopmu ketika sedang dalam keadaan menyala

Hal ini tidak boleh kamu lakukan, karena dalam keadaan menyala hard disk laptopmu masih bekerja dan takutnya piringan hard disk ini akan tergores sehingga menyebabkan kerusakan dibagian lainnya.

Aplikasi Rekomendasi Saham

  • Rutin bersihkan laptopmu

Banyak debu-debu kecil yang akan menempel di komponen laptop kamu yang dapat membuat kinerja laptop kamu menjadi berkurang, debu-debu ini juga dapat membuat laptop kamu cepat panas. Kamu bisa membersihkan laptopmu secara rutin, bersihkan bagian LCD, keyboard, lubang sirkulasi udara dan pada baterainya.

  • Jangan terlalu sering memainkan game di laptop yang bukan laptop khusus game

Ketika kamu memainkan game-game berat seperti GTA V, Call of Duty ataupun PES, game ini memiliki spek yang cukup berat dan akan menjadikan masalah pada laptopmu. Saat kamu terlalu lama memainkan laptop ini, laptop akan menjadi overheat dan bisa menyebabkan laptop kamu rusak dan bocor.

  • Jangan tutup LCD laptop saat panas

Coba untuk menunggu dulu selama beberapa menit sebelum kamu menutup laptop mu, karena setelah digunakan laptop berada dalam suhu yang cukup panas sebaiknya tunggu sebentar agar laptopmu lebih dingin atau berada pada suhu ruangan. Hal ini berbahaya karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD yang dapat merusak LCD itu sendiri.

Simak artikel menarik lainnya disini