7 Cara Menjernihkan Minyak Jelantah-Terbukti Jernih Seketika

Posted on

Tahukah anda bagaimana cara menjernihkan minyak jelantah? Nah , pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara tuntas cara- cara yang dapat kalian tiru untuk menjernihkan minyak jelantah. Tentunya cara ini sangat mudah dan sederhana untuk kalian praktekkan dirumah. Penasaran bukan? Yuk simak berikut ini caranya!

Minyak goreng merupakan bahan dapur yang wajib ada di setiap rumah. Apakah Anda juga salah satu yang suka menggunakan minyak jelantah berkali-kali? Minyak goreng masih dianggap aman jika terlihat jernih dan tidak kotor. Sekitar 2-3 kali digunakan untuk memasak gorengan. Namun, cukup menguras kantong ya, jika harus mengganti minyak setelah pemakaian dalam jumlah tertentu.

Lalu bagaimana solusinya? Coba bersihkan minyak jelantah sendiri di rumah! Cara ini pasti lebih hemat dan dijamin praktis. Asalkan terlihat bening dan kuning jernih, minyak jelantah bisa digunakan untuk menggoreng tanpa risiko tertentu. Bagaimana caranya? Yuk simak berikut ini!

7 Cara Menjernihkan Minyak Jelantah

Cara Menjernihkan Minyak Jelantah

1. Menggunakan Buah Mengkudu

Sari buah mengkudu telah lama digunakan oleh masyarakat untuk menjernihkan minyak goreng bekas. 250mL minyak goreng bekas bisa dijernihkan dengan satu buah mengkudu besar.

Caranya adalah sebagai berikut!

Buah mengkudu yang sudah matang ditumbuk dan diambil sarinya. Ekstrak yang diperoleh kemudian dicampurkan ke dalam minyak goreng bekas dan didiamkan selama 5-10 menit.

Setelah itu minyak dipanaskan sampai suhu 50 derajat Celcius dan dipertahankan sampai minyak jernih. Minyak kemudian disaring untuk dipisahkan dari endapan yang terbentuk.

2. Arang Sekam

Arang sekam yang dicampur lalu digoreng dengan minyak jelantah ternyata bisa menghilangkan kotoran dalam minyak, lho. Hasil pengujian secara fisik dan kimia menunjukkan bahwa penggunaan arang sekam dapat mendaur ulang minyak goreng bekas menjadi minyak baru yang kualitasnya mendekati minyak goreng segar.

Berikut ini caranya !

Masukkan arang sekam sebanyak 1% b/b ke dalam minyak goreng kemudian dipanaskan sambil diaduk. Misalnya 1 gram arang sekam untuk 100 gram minyak goreng bekas.

Ketika minyak terlihat jernih, campuran diendapkan dan kemudian disaring untuk memisahkan minyak dari arang sekam.

3. Arang Kayu

Arang kayu lebih mudah ditemukan dan lebih murah. Dalam prakteknya, arang atau karbon dapat diaktifkan atau disebut karbon aktif yang dapat menyerap berbagai senyawa sehingga sering digunakan sebagai penyerap.

Cara menjernihkan minyak jelantah menggunakan arang kayu adalah sebagai berikut :

2 buah arang kayu seukuran tangan orang dewasa, digiling sampai halus. Bubuk tersebut kemudian dicampurkan ke dalam minyak goreng bekas tanpa pemanasan. Diamkan selama kurang lebih 5 menit lalu saring menggunakan kain.

4. Menggunakan Buah Nanas

Daging buah nanas memiliki kemampuan menyerap seperti karbon aktif sehingga dapat menjernihkan minyak. Bukti perbaikan kualitas minyak dapat dilihat dari kenaikan titik didih, titik asap dan penurunan kadar asam lemak bebas.

Caranya adalah berikut ini !

Pertama, 1-3 kg ampas nanas dicuci bersih, kemudian dikeringkan pada suhu 160 derajat celcius dalam oven biasa selama 60 menit hingga terbentuk karbon. Setelah itu dihaluskan dengan blender.

Setelah membentuk bubuk, rendam lagi selama 3 jam dalam minyak goreng. Perbandingannya adalah 3 liter ampas nanas untuk menjernihkan 20 liter minyak goreng bekas. Setelah 3 jam, disaring menggunakan kain.

5. Nasi | Cara Menjernihkan Minyak Jelantah

Punya sisa nasi di rumah? Yuk gunakan untuk membersihkan minyak! Caranya sangat mudah, yaitu mengambil segenggam beras dan mengepalkannya menjadi bola.

Masukkan ke dalam wajan dengan minyak goreng panas dan gulung sampai semua kotoran menempel pada nasi. Cara ini harus dilakukan berulang-ulang dan membutuhkan lebih dari satu bola nasi.

6. Kentang

Konon, kentang juga bisa menyerap kotoran dalam minyak. Tapi prinsipnya sama dengan bola nasi di atas. Kupas dan potong kentang berukuran sedang menjadi 5-6 bagian. Masukkan minyak goreng panas, lalu balik potongan kentang hingga bening kembali.

7. Kulit Pisang | Cara Menjernihkan Minyak Jelantah

Setelah mengupas pisang, jangan buang kulitnya! Kulit ini bisa membersihkan minyak goreng bekas lho. Kulit pisang ‘matang’ memiliki zat karbon yang cukup tinggi dan mampu menyerap kotoran.

Carany adalah, Potong kulit pisang menjadi 3-4 bagian, lalu masukkan ke dalam saringan. Tuang minyak goreng bekas melalui saringan ke dalam wadah. Pegang saringan pada tepi wadah dan biarkan kulit pisang menyerap kotoran secara perlahan.

Jika ingin lebih kuat dan cepat, blender potongan kulit pisang hingga halus. Ambil ampasnya dan masukkan ke dalam saringan. Kemudian, tuangkan minyak goreng bekas ke dalam saringan dan biarkan proses penyaringan berjalan.

Itulah 7 cara menjernihkan minyak jelantah yang efektif dan efisien. Tentunya kalian wajib mencobanya dirumah masing-masing ya! Semoga berhasil ^^