bunga anggrek

Cara Memanam Bunga Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Posted on

Hai teman teman apa kabar kalian semua ? kali ini kita akan membahas tentang cara menanam bunga anggrek dengan sabut kelapa . Kalian tau gak kalau sabut kelapa dapat di jadikan media tanam karena sabut kelapa dapat menyimpan air yang lumayan banyak dan bisa menahan air agar bertahan lama . Dan sabut kelapa sangat mudah untuk di temui di sekitaran rumah kita . Jikalau kita harus beli pun tidak terlalu mahal karena banyak sabut kelapa yang cuma di buang dan jadi limbah .

bunga anggrek

Sebelum kegiatan tanam, penanaman kembali menjadi hits di era New Normal, anggrek sempat menjadi favorit untuk ditanam dan dijadikan hiasan. Cara menanam anggrek dan membuatnya subur memang sulit, namun ternyata masih banyak varietas anggrek yang bisa tumbuh subur dengan mudah.

Jenis anggreknya sangat banyak, jumlahnya bisa mencapai 26 ribu dan tersebar di daerah tropis basah hingga daerah melingkar.

Untuk wilayah Indonesia sendiri setidaknya terdapat lima ribu spesies yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian besar tanaman anggrek yang ditanam memiliki bentuk lonjong memanjang dan tulang daun memanjang. Tahukah Anda, bentuk daun berkaitan dengan fungsinya menyimpan cadangan air

Untuk cara mudah menanam bunga anggrek dengan tingkat keberhasilan tinggi, pastikan memilih varietas yang tidak rewel. Cara menanam anggrek bisa dilakukan dengan menggunakan stek batang atau langsung dari biji anggrek.

Langkah-langkah cara menanam bunga anggrek antara lain:

Persiapan Penanaman Anggrek

Pertama, Anda harus menyiapkan bibit yang akan Anda tanam. Persiapkan benih sebaik mungkin karena ini akan menentukan bagaimana bunga anggrek Anda nantinya.

Pembibitan dapat dilakukan dengan pembibitan vegetatif atau generatif. Seperti apa?

Pembibitan vegetatif

Yakni dengan memisahkan atau memecah benih dari indukan. Tidak sembarangan, pucuk yang akan dipisahkan dan ditanam sebagai tanaman baru harus memiliki akar yang kuat dan banyak untuk dipindahkan ke pot lain.

Pembibitan Generatif

Yakni dengan penyemaian benih anggrek. Sayangnya, cara menanam bunga anggrek secara generatif cenderung memakan waktu lama dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Kondisi lingkungan seperti suhu dan kelembaban juga harus disiapkan sedemikian rupa dan tidak disarankan bagi yang masih pemula.

Persiapan Media Tanaman

Media tanam anggrek terdiri atas campuran tanah, pupuk kandang hasil fermentasi, arang hitam, serabut kelapa, kulit kelapa dan pecahan batu bata atau genteng rumah.

Anda tidak dapat mencampurnya secara acak, tetapi taruh dalam urutan tertentu dari bawah ke atas sebagai berikut:

–Memecahkan batu bata
– Kulit kelapa
– Serabut kelapa
– Tanah yang sudah tercampur pupuk kandang

Mengapa mereka berbeda? Karena anggrek sebenarnya merupakan tumbuhan epifit atau menumpang pada tumbuhan lain. Komposisi media tanam setidaknya dalam perbandingan yang seimbang.

Menanam Anggrek dan Memindahkan Benih ke dalam Pot

Bibit tanaman anggrek dapat dipindah tangankan saat berumur tiga bulan. Mengapa demikian? Karena saat itu tanaman sudah memiliki akar yang tebal dan kuat sehingga penyerapan air dapat berjalan dengan optimal.

Cara menanam bunga anggrek ke dalam pot juga harus memperhatikan waktu yaitu sebelum jam 8 pagi saat matahari belum terik. Hal ini dimaksudkan agar tanaman tidak mudah layu. Selanjutnya tanaman disiram dengan air yang cukup agar kelembaban tetap terjaga.

Perawatan Anggrek

Dalam cara menanam bunga anggrek sangat penting untuk diketahui bahwa anggrek ini sangat menyukai kondisi lembab. Tapi, jangan langsung dituangkan ke bunga, karena bisa merusak kuncup.

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar anggrek Anda dapat tumbuh dengan baik dan optimal, antara lain;

Letakkan pot bunga di tempat yang terkena sinar matahari alami, namun jangan sampai langsung terkena sinar matahari!

Jika Anda menginginkan cara menanam bunga anggrek di dalam ruangan, jangan lupa berikan penerangan buatan. Tujuannya agar bunga anggrek tidak layu dan terus mekar

Tanaman anggrek merupakan tanaman tropis yang membutuhkan kelembaban tinggi. Namun tetap jaga agar media tanam tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering.

Penyiraman anggrek sebaiknya tidak dilakukan dengan cara disiram, melainkan disiram atau disemprot. Semprotkan batang, daun dan bunga pada pagi atau sore hari.

Berikan pupuk setelah penyiraman. Pupuk yang cocok adalah pupuk khusus untuk tanaman tropis, lakukan setiap tiga hari sekali. Untuk anggrek vegetatif, berikan pupuk NPK dengan perbandingan 3: 1: 1

Untuk mencegah anggrek dari hama dan penyakit, semprotkan cairan fungsional dan bakterisida. Jamur dan bakteri biasanya menyerang pada musim hujan sehingga tanaman mudah terserang jamur.

Menyiapkan Media Tanaman

Ada beberapa tahapan dalam cara menanam bunga anggrek di atas sabut kelapa. Urutannya adalah sebagai berikut:

– Pilih sabut kelapa yang sudah tua
– Rendam selama 6 jam. Tujuannya adalah untuk menghilangkan tanin.
– Rendam sabut dalam fungisida cair
– Angkat, tiriskan dan keringkan. Tapi jangan terlalu kering dan jangan terlalu basah!

Mempersiapkan Pot

Biasanya pot yang digunakan adalah pot yang terbuat dari bahan genteng dengan fungsi lain untuk menambah nilai estetika nya. Pastikan juga memilih salah satu yang memiliki lubang di bagian bawah. Eh, jangan lupa bersihkan potnya dulu.

Menanam Bunga Anggrek dengan Sabut Kelapa

Cara menanam bunga anggrek dengan menggunakan media sabut kelapa .

Nah itu tadi sedikit cara menanam bunga anggrek di media sabut kelapa , semoga bisa membantu dan sampai bertemu di srtikel berikutnya.