cara membuat gendar dari nasi sisa

Emang Bisa Buat Gendar Dari Nasi Sisa? Yuk Simak Caranya!

Posted on

Halo teman teman! Seperti apa yang ada pada judul, pada artikel ini saya akan berbagi tips nih bagaimana cara membuat gendar dari nasi sisa. Gendar atau kerupuk nasi bisa kita buat dari nasi sisa loh.

Kerupuk sendiri di Indonesia sangat di gemari dari berbagai kalangan salah satunya adalah kerupuk gendar. Hal ini menyebabkan kerupuk gendar memiliki peluang usaha yang bagus dan juga menjanjikan. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang analisis usahanya pada artikel cara membuat gendar.

Untuk modah yang anda keluarkan sendiri itu tidaklah banyak anda hanya memerlukan satu mesin yang bernama hand sealer. Apa itu hand sealer? Hand sealer merupakan alat untuk mereekatkan plastik saat pembungkusan agar kerupuk dapat bertahan lama karena tidak terkena udara dari luar.

Anda bisa mendapatkan mesin tersebut di website rumahmesin.com, pada website tersebut anda bisa mendapatkan mesin yang berkualitas dengan harga yang aman untuk di kantong.

Nah sebelum kita masuk ke bagaimana cara membuat gendari dari nasi sisa alangkah baiknya jika anda mengetahui bagaimana cara untuk memilih beras yang berkualitas baik. Yuk simak pembahasan berikut.

Cara Memilih Beras yang Memiliki Kualitas Baik

Jangan mudah tergiur harga miring, Cobalah meremas beras dan Cium aroma dari beras

Terkadang anda pasti sering melihat pedagang beras yang menjajakan dagangannya dengan berbagai macam harga pada setiap jenis beras tergantung dengan kualitas dari masing-masing jenisnya. Anda jangan mudah untuk tergiur dengan harga miring yang ditawarkan oleh sang penjual. Apalagi jika harga yang ditawarkan tersebut sudah tidak masuk akal karena bisa saja terdapat kandungan zat kimia yang berbahaya didalamnya ataupun kualitas dari beras itu sendiri yang sudah buruk dan tidak baik serta tidak layak lagi untuk di konsumsi sebagai nasi.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk memeriksa kualitas dari beras tersebut yaitu dengan cara meremas beras tersebut di dalam kepalan tangan anda, lalu lihatlah pada tangan anda. Apabila beras yang anda remas tersebut menempel pada telapak tangan anda, maka kemungkinan saja terdapat zat pelicin yang tercampur di dalam beras tersebut. Oleh karena itu, pastikan anda untuk memilih kualitas beras yang baik dan juga aman. Jadi pastikan lagi beras tersebut aman supaya anda tenang dalam mengolahnya apalagi untuk membuat gendar.

Hal utama yang bisa anda lihat yaitu aroma yang dihasilkan dari beras tersebut. Pastikan pada saat anda mencium beras terdapat aroma khas beras yang wangi, bukan aroma yang apek apalagi aroma khas dari zat kimia yang berbahaya. Namun, terdapat juga beras yang beraroma wangi dan ditakutkan aroma ini berasal dari pewangi buatan yang dicampurkan dengan beras.

Cobalah Menggigit Beras dan Belilah beras di toko yang telah terpecaya

Anda dapat untuk memilih beras dengan kualitas yang baik yaitu dengan cara menggigit bulir dari beras tersebut. Apabila saat beras digigit, terasa keras dan juga kuat, maka hal tersebut artinya beras itu mempunyai kualitas yang baik. Sementara, apabila saat berasnya anda gigit lalu beras terasa rapuh serta mudah hancur, maka perlu diperhatikan lagi karena bisa saja ada oknum tidak bertanggung jawab yang telah menambahkan air kedalam beras sehingga massa dari beras tersebut pun bertambah. Beras dengan jenis tersebut biasanya akan sulit untuk dapat bertahan lama.

Cara yang terakhir yaitu sebaik-baiknya kualitas dari sebuah beras, maka akan lebih baik lagi jika anda membeli beras tersebut di toko yang telah anda percayai kualitas dan kejujurannya. Tentunya hal ini di sebabkan karena anda akan lebih yakin dengan kualitas yang ditawarkan oleh sang penjual dan akan terhindar dari berbagai kecurangan oknum yang tidak bertang jawab penjual beras yang bisa memberikan dampak buruk kepada kesehatan keluarga apa bila mengonsumsi nasi dari beras yang buruk.

Cara Membuat Gendar Dari Nasi Sisa

 

Bahan – Bahan Membuat Gendar

  • 580 gr nasi sisa
  • 460 gr tepung tapioka
  • secukupnya Kaldu bubuk
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 2 sdt garam

Cara Membuat Gendar Dari Nasi Sisa:

  1. Rendam nasi sisa kurang lebih selama 15menit dan cuci bersih beras tersebut lalu tiriskan.
  2. Setelah nasi di rendam blender nasi dengan menambahkan 1gelas air (banyaknya sekitar 250ml) blender nasi dengan air sampai teksturnya lembut seperti bubur.
  3. Uleg bumbu sampai menjadi halus kemudian masukkan bumbu ke dalam nasi yang sudah diblender tadi dan aduk hingga rata semua.
  4. Masukkan tepung tapioka secara bertahap sedikit demi sedikit, aduk aduk lalu tambahkan kaldu bubuk dan uleni sampai adonan dapat dibentuk, anda bisa memeriksa rasanya.
  5. Bentuklah adonan sesuai dengan selera anda. Lapisi tangan anda dengan menggunakan tepung tapioka agar mudah dalam membentuk dan adonan tidak menempel pada tangan anda. Sembari membentuk adonan, didihkan air didalam panci, beri 1-2sdm minyak gorengagar nantinya adonan tidak saling menempel satu sama lain.
  6. Setelah airnya mendidih, masukkanlah adonan yang sudah anda bentuk tadi ke dalam panci. Rebus hingga adonan terlihat mengapung, itu tandanya adonan sudah matang.
  7. Angkat adonan gendar yang sudah mengapung tersebut. Rendam adonan sebentar di dalam air yang dingin(es). Lalu tiriskan adonan dan biarkan hingga dingin.
  8. Setelah adonan sudah agak dingin, simpan adonan gendar dalam kulkas semalaman hingga berubah kaku. Kemudian iris menjadi tipis hingga habis menggunakan pisau yang tajam agar mudah dan jemur hingga benar benar kering
  9. Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan goreng kerupuk hingga mengembang dan matang dengan tandanya warna nya berubah menjadi kekuningan, angkat tiriskan menggunakan tissue makan agar minyak yang menempel pada gendar dapat berkurang dan gendar siap dinikmati.
  10. Anda bisa menyimpannya pada wadah yang kedap udara contohnya toples.

Gampang banget kan temen temen cara membuat gendar dari nasi sisa ini, jangan lupa di coba di rumah ya! Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda. Terima kasih.