Cara Membuat Manisan Kelapa Kering Sederhana dan Enak

Posted on

Apakah kalian tau ternyata buah kelapa dapat diolah menjadi makanan yang sangat enak dan bergizi lhoo… Dalam ulasan ini akan membagikan resep Cara Membuat Manisan Kelapa Kering Sederhana dan Enak.

Tanaman kelapa diyakini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman kelapa telah dibudidayakan di sekitar lembah Andes Kolombia di Amerika Selatan pada ribuan tahun lalu sebelum masehi.

Jadi tidak heran jika banyak orang yang sangat menyukai buah kelapa ini , karena selain dapat dibuat minuman yang menyegarkan, daging buah kelapa ini dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang lezat dan nikmat seperti mengolahnya menjadi manisan kelapa kering.

Selain itu, buah kelapa sangat banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia hingga dapat digunakan untuk diet. Jadi kalian akan mendapatkan manfaat yang berkali kali lipat dari mengonsumsi buah ini.

Untuk pengolahan buah kelapa kalian dapat mengolahnya menjadi manisan buah kelapa kering. Nah pada kesempatan ini saya akan membagikan resep cara membuat manisan kelapa kering yang sangat mudah dan enak. Pastinya rasanya tidak akan mengecewakan dan tidak diragukan lagi pasti, enak, legit, kenyal dan segar. Yuk kepoinn…

Baca Juga : Resep Praktis Manisan Pepaya Kering Tanpa Jemur

Manfaat Daging Buah Kelapa

Nah selain dapat dimakan menjadi manisan kelapa kering dan juga dapat diminum secara langsung, ternyata daging buah kelapa banyak sekali manfaatnya, berikut ini manfaat dari daging buah kelapa :

  1. Menjaga Membantu Kesehatan Pencernaan Dalam Tubuh
  2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Sistem Imun
  3. Cocok Digunakan untuk program Diet
  4. Menunjang Fungsi Otak
  5. Memelihara Kesehatan Jantung
  6. Kaya Akan Mineral sehingga akan mengatasi dehidrasi dalam tubuh
  7. Mengontrol Kadar Gula Darah dalam tubuh

Simak Bahan dan Cara Membuat Manisan Kelapa Kering!

Cara Membuat Manisan Kelapa Kering

Bahan-Bahan :

  • 1 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air
  • 180 gram gula pasir
  • 1 butir buah kelapa muda
  • ¼ sdt vanili bubuk
  • Pewarna makanan secukupnya, putih, kuning, merah, hijau atau sesuai selera
  • Air secukupnya

Cara Membuat Manisan Kelapa Kering :

  1. Kupas buah kelapa muda, hingga bersih sampai menyisakan dagingnya saja.
  2. Parut buah kelapa dengan menggunakan parutan yang kasar, kemudian lebarkan dan sisihkan parutan tersebut.
  3. Setelah itu buat larutan gula dengan cara merebus air hingga mendidih kemudian masukkan gula pasir. Aduk-aduk sampai gula pasir larut.
  4. Kemudian masukkan kelapa yang sudah diparut tadi kedalam larutan gula. Aduk sampai larutan gula menyusut.
  5. Masukkan adonan tepung kanji dan vanilli bubuk. Aduk adonan manisan kelapa kering sampai tercampur merata seluruhnya.
  6. Jika sudah merata, bagi adonan menjadi 4 bagian sama rata, dan berikan masing-masing bagian pewarna makanan. Yaitu warna putih, kuning, merah, hijau. Aduk sampai tercampur semuanya.
  7. Ambil dengan sendok makan manisan kelapa kering dan bentuk menjadi menyerupai bola-bola kecil, kemudian letakkan diatas loyang dan beri jarak supaya tidak lengket satu sama lain. Lakukan hal ini sampai seluruh adonan habis.
  8. Tunggu dan diamkan adonan sampai kering dan dingin.
  9. Manisan kelapa kering yang sudah dingin maka siap disajikan. Anda dapat memasukkanya dalam wadah atau toples.
  10. Selesai.

Cara membuat kembang gula kelapa muda ini sangat mudah dan simple bukan, silahkan mencoba membuatnya. Dalam membuat kembang gula ini perlu kesabaran agar bisa mendapatkan hasil kembang gula kelapa muda yang enak dan berkualitas. Silahkan dicoba dengan menggunakan bahan – bahan yang berkualitas agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca Juga : Fungsi Arang Tempurung Kelapa Bagi Kesehatan dan Tanaman!