Cara Membuat Susu Kedelai Mudah Sederhana Tidak Langu

Posted on

Pada artikel kali ini saya akan share bagaimana cara membuat susu kedelai sendiri dirumah yang bisa dicoba. Susu kedelai ini menjadi alternatif bagi kamu yang tidak suka susu hewani seperti sapi. Selain itu khasiat dan manfaatnya juga ada loh.

Manfaat Meminum Susu Kedelai

Susu kedelai sering menjadi alternatif bagi seseorang yang tidak toleran laktosa terhadap susu sapi. Vegetarian juga memilih susu kedelai sebagai suplemen makanan. Meski terbuat dari biji-bijian, kandungan susu kedelainya juga tak kalah bagus dengan susu sapi lho!

Selain itu, susu kedelai tergolong memiliki daya simpan yang lebih lama dibandingkan jenis susu lainnya. Jika Anda tertarik untuk meminum susu kedelai secara rutin, berikut berbagai manfaat kesehatannya:

1. Menurunkan Kolesterol

Kadar isoflavon dalam susu kedelai dapat menurunkan kolesterol darah, terutama kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, para peneliti menemukan bahwa produk kedelai dapat menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan kolesterol total, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (baik). Peningkatan ini lebih besar pada orang dengan kolesterol tinggi.

2. Mencegah Sel Kanker

Isoflavon dalam susu kedelai juga dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker, terutama risiko kanker prostat yang rentan terjadi pada pria. Kanker payudara yang disebabkan oleh tingginya kadar estrogen juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur.

3. Melancarkan Pencernaan

Susu kedelai kaya akan protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk pencernaan. Di sini juga, isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai berfungsi untuk meningkatkan penyerapan di usus, sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Mencegah Tulang Cepat Keropos

Kandungan kalsium dalam susu sapi kerap digadang-gadang ampuh mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Meski terbuat dari biji-bijian, ternyata susu kedelai juga memiliki manfaat tersebut lho.

Susu kedelai dipercaya bermanfaat dalam mencegah risiko osteoporosis pada wanita pascamenopause. Wanita yang mencapai menopause diketahui sangat rentan terhadap osteoporosis. Nah, kadar isoflavon dalam kedelai inilah yang berfungsi untuk mencegah kondisi ini.

Cara Membuat Susu Kedelai

Setelah tadi dijelaskan beberapa manfaat dari susu kedelai, sekarang kita masuk ke cara membuat susu kedelai nya. Bagi Anda yang menyukai susu kedelai, Anda bisa membuat susu kedelai sendiri di rumah. Inilah cara membuat susu kedelai tanpa ampas, enak dan sehat. Berikut ini caranya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1500 ml air mineral
  • 250 gram kacang kedelai
  • 150 gram atau 10 sdm gula pasir
  • 1,5 sdt vanili
  • 0,5 sdt garam

Cara membuat susu kedelai tidak langu:

  1. Siapkan wadah, lalu tuang kedelai. Cuci kedelai, lalu rendam selama 8 jam atau 1 malam. Di pagi hari, tumbuk kacang untuk menghilangkan kulitnya.
  2. Catatan: Untuk mengupas kulit air kedelai supaya lebih cepat bisa juga dengan menggunakan mesin pengupas kulit ari kedelai. Dengan mesin proses menngupas menjadi cepat dan hasil yang diberikan juga bersih.
  3. Pastikan kulit ari terkelupas dengan bersih, jika tidak, susu akan menjadi lembek. Setelah kulit kedelai dihilangkan kulitnya, cuci kedelai, lalu masak selama 5 menit.
  4. Siapkan blender, lalu tambahkan kedelai dan air mineral. Campur bersama memastikan kedelai dihancurkan menjadi bubur.
  5. Saring susu kedelai dengan kain. Jangan gunakan saringan kelapa untuk menghindari ampas. Peras kedelai hingga kering.
  6. Siapkan panci, lalu tambahkan kecap manis, gula pasir, vanili dan garam. Masak selama 5 menit sambil diaduk. Jika ada busa, angkat dan buang busanya.
  7. Jika demikian, susu kedelai bisa dinikmati.

Untuk kebutuhan mesin usaha: Rumah Mesin

Massa Simpan dari Susu Kedelai

Susu kedelai dibuat dari ekstraksi kedelai. Masalah utama dalam pembuatan susu kedelai seringkali adalah susu kedelai yang mudah rusak pada suhu dingin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekentalan susu kedelai pada suhu lemari es mengalami peningkatan selama penyimpanan 28 hari. Produk ini juga memiliki nilai pH konstan sekitar 6,5 hingga 7, yang sesuai dengan standar SNI.

Hasil TPC menunjukkan bahwa susu kedelai organik dan anorganik tidak mengalami pertumbuhan mikroba pada suhu 5°C dan 10°C selama penyimpanan hingga 28 hari. Namun, susu kedelai yang disimpan pada suhu 25 ° C (suhu kamar) telah menunjukkan pertumbuhan mikroba selama 12 jam penyimpanan.

Dari uji organoleptik dengan parameter warna, aroma dan rasa, susu kedelai anorganik memiliki perkiraan umur simpan yang lebih lama dibandingkan dengan susu kedelai organik, yaitu 22 hari pada suhu 5°C.

Kesimpulannya

Susu kedelai tanpa bahan pengawet hanya bertahan 5-6 jam. Sementara itu, disimpan di lemari es, bisa bertahan hingga 2 hari. Kecuali air yang digunakan tidak begitu bagus dan peralatannya tidak bersih, maka maksimal hanya bertahan hingga sehari.

“Penyimpanan susu kedelai yang paling penting adalah suhu lemari es yang konstan, sekitar 9-11 derajat Celcius”,

Kecuali jika Anda membeli susu kedelai dengan bahan pengawet, dapat disimpan hingga satu bulan. Dan gunakan segera setelah kemasan dibuka, karena umur simpan hanya 5-7 hari. Susu kedelai yang tidak layak konsumsi biasanya memisahkan antara air dan susu kental.

Penutup

Sekian artikel dari saya tentang cara membuat susu kedelai dan manfaat dari susu kedelai  itu sendiri dan bagaimana cara menyimpannya. Semoga dengan artikel ini dapat membantu buat kamu yang ingin membuat susu kedelai dan tau lebih lanjut mengenai susu ini.

Jadi saya akhiri sampai disini dan sampai jumpa.