Cara Menyimpan Buah di Kulkas Agar Tetap Segar dan Tidak Membusuk!

Posted on

Halo semua! Balik lagi nih sama aku. Seperti yang kalin lihat di judul, jadi pada artikel kali ini aku bakalan kasih tau cara menyimpan buah di dalam kulkas agar tetap segar dan tidak cepat membusuk. Kira-kira bagaimana yaa caranya? Yukk simak penjelasan dibawah ini hingga selesai.

Pengertian Buah

Apakah kalian senang mengonsumsi buah? Lalu apa sih pengertian buah? Yaaa! Buah dapat diartikan sebagai bagian dari suatu tumbuhan atau tanaman yang memiliki daging buah, dapat di makan, memiliki rasa yang manis maupun asam, dan memiliki nutrisi atau vitamin di dalamnya.

Ada banyak sekali jenis buah-buahan yang terdapat di dunia ini, apakah kalian tau ada apa saja? Yapp benar sekali, beberapa contoh dari buah-buahan tersebut adalah mangga, jeruk, pisang, melon, durian, apel, dan stroberi. Tetapi masih banyak jenis buah yang lainnya lohhh…

Kemudian ada beberapa hal yang tidak bisa kita kira termasuk kedalam jenis buah-buahan, namun ternyata itu justru termasuk ke dalam kategori buah. Contohnya yaitu seperti tomat, biji jagung, biji gandum, dan juga kacang polong.

Pengertian Buah Secara :

1. Botani

Pengertian buah secara botani yaitu, buah merupakan sebuah organ yang ada pada tumbuhan berbunga yang berasal dari perkembangan lanjutan dari bakal buah atau yang biasa kita sebut sebagai ovarium. Di dalam buah, biji dibungkus sekaligus dilindungi oleh daging buah.

2. Pertanian / Pangan

Di dalam pertanian, buah dapat diartikan sebagai setiap bagian dari tumbuhan yang ada di permukaan tanah yang tumbuh membesar dan pada umumnya memiliki daging buah dan juga memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya.

3. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, buah merupakan bagian dari tumbuhan yang berasal dari bunga dan biasanya di dalam buah itu sendiri memiliki biji.

4. Menurut Ahli

Menurut Sediaoetomo, buah merupakan suatu bagian dari tanaman yang memiliki struktur mengelilingi biji dimana struktur tersebut berasal dari bagian bunga.

Dalam menyimpan buah-buahan pastilah ada aturan tersendiri. Maka dari itu kalian harus pastikan terlebih dahulu buah-buahan dan juga sayuran untuk menghentikan pematangan enzim supaya tidak dapat menyebar.

Yukk kita simak penjelasan dibawah ini mengenai cara menyimpan buah.

9 Cara Menyimpan Buah di Kulkas Agar Awet dan Tidak Cepat Busuk :

1. Pisahkan Antara Buah yang Lama dengan Buah yang Baru

Saat kita membeli buah dengan jumlah yang cukup banyak, biasa nya kita akan menyimpan buah tersebut secara bersamaan dan pastinya kita akan menyatukan buah yang baru dengan buah yang lama.

Hal ini akan membuat buah yang lama menjadi tercampur dengan yang baru sehingga kita terlewat bahwa seharusnya kita harus mengonsumsi yang lama terlebih dahulu.

Untuk menyiasati hal tersebut, maka dari itu kalian harus memisahkan buah yang lama dengan buah yang baru. Hal tersebut bertujuan agar kita dapat mengonsumsi buah yang lama terlebih dahulu agar buah tersebut tidak menjadi busuk.

2. Simpan Buah di Tempat Kering

Jika kalian ingin menyimpan buah, maka simpanlah di tempat yang kering. Mengapa harus demikian? Hal ini harus dilakukan untuk menjaga kelembapan buah agar kandungan air yang terdapat di dalam buah tersebut akan senantiasa terjaga.

Selain itu, jika buah tetap terjaga kelembapannya, maka buah tersebut akan menjadi lebih awet dan tidak mudah busuk dan juga kisut.

Sebaiknya hindari mencuci buah sebelum disimpan ke dalam kulkas. Karena, air yang menempel pada buah justru akan membuat buah menjadi basah dan menjadi lebih cepat busuk.

Maka dari itu sebaiknya simpanlah buah di dalam wadah yang tertutup dan lapisi wadah tersebut dengan menggunakan kertas untuk menyerap kadar air yang berlebih.

3. Simpan Buah Menggunakan Plastik Kedap Udara

Jika kalian ingin menyimpan buah dengan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka kalian bisa membekukan buah tersebut dengan menyimpannya di dalam freezer.

Masa simpan buah yang di bekukan akan lebih dapat bertahan lama di bandingkan dengan buah yang hanya di simpan pada suhu kulkas.

Jika kalian ingin membekukan buah yang akan disimpan, kalian bisa menyimpan nya di dalam plastik kedap udara. Karena jika kalian menyimpannya di dalam plastik kedap udara, maka secara otomatis udara tidak akan bisa masuk kedalam plastik dan akan membuatnya menjadi lebih tahan lama.

Maka dari itu, kalian bisa menggunakan mesin vacuum sealer untuk memvacuum plastik yang akan kalian gunakan untuk menyimpan buah tersebut menjadi kedap udara.

4. Bungkus Apel Menggunakan Kertas

Buah apel merupakan salah satu buah yang dapat memproduksi zat etilen lebih banyak di bandingkan dengan buah yang lain nya. Lalu apa sih itu zat etilen?

Zat etilen merupakan zat yang dapat membantu proses pematangan pada buah lebih cepat dari pada biasanya dan bahkan dapat menyebabkan terjadinya proses pembusukan.

Jadi, untuk menghindari apel akan mencemari buah yang lain nya, maka bungkus lah apel dengan menggunakan kertas sehingga kesegaran nya tetap terjaga dan sekaligus zat etilen pada buah ini tidak mencemari buah yang lainnya.

5. Simpan Pisang Pada Suhu Ruang

Jika kalian sering menyimpan pisang di dalam kulkas, maka kalian harus menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Karena jika pisang dimasukkan ke dalam kulkas, maka aroma dan rasa dari pisang tersebut akan rusak bahkan pisang tersebut akan menjadi busuk.

Usahakan untuk menyimpan buah ini pada suhu ruang saja. Kalian bisa menyimpan nya di atas meja atau dimanapun asalkan tidak didalam kulkas. Lalu hindari terkena cahaya matahari secara langsung agar pisang tidak cepat matang dan menjadi busuk.

6. Jangan Simpan Jeruk Secara Menumpuk

Jeruk merupakan buah yang selalu membutuhkan ruangan dingin agar dapat senantiasa segar, maka simpan jeruk didalam kulkas. Jeruk juga memiliki usia yang cukup lama saat disimpan dalam kulkas.

Tetapi kalian harus ingat, jangan menyimpan buah ini secara di tumpuk. Karena kebiasaan ini justru hanya akan membuat jeruk yang kita simpan menjadi cepat busuk dan bahkan akan membuatnya terbuang sia-sia.

7. Simpan Mangga di Kulkas

Mangga merupakan buah yang sangat cepat untuk matang. Maka dari itu untuk meminimalisir proses pematangan nya, kalian bisa menyimpan mangga kedalam kulkas. Hal tersebut mampu untuk memperpanjang usia buah mangga agar dapat lebih tahan lama.

8. Semangka Juga Harus di Simpan di Kulkas

Semangka merupakan buah yang memiliki kadar air sangat tinggi, bahkan semangka memiliki 98% kandungan air didalamnya. Saat buah ini sudah di potong, maka buah ini akan memiliki usia yang lebih pendek dibandingkan dengan semangka yang masih utuh.

Agar semangka dapat bertahan lebih lama, maka simpan buah semangka ke dalam wadah plastik dan memasukan nya ke dalam kulkas sehingga tidak mengontaminasi buah-buahan yang lainnya.

Jika sudah di simpan dengan cara di atas, maka semangka dapat dinikmati dalam waktu beberapa hari ke depan.

9. Simpan Anggur Dalam Kondisi Kering

Untuk menjaga kesegaran dari buah anggur, maka kalian harus mencuci sekaligus keringkan buah ini terebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Buah anggur dapat bertahan hingga 10 hari lama nya jika berada di dalam kulkas.

Akan tetapi jika kalian ingin menyimpan nya dengan waktu yang lebih lama. Kalian bisa menyimpannya pada suhu yang lebih dingin yaitu didalam freezer. Kemudian jika anggur disimpan didalam freezer maka anggur dapat bertahan hingga 3 bulan lama nya. Dengan cara ini, maka anggur akan tetap segar saat akan kalian konsumsi.

Selain membahas tentang cara menyimpan buah di kulkas, disini saya juga akan memberikan beberapa contoh buah-buahan yang wajib dikonsumsi secara rutin.

7 Contoh Buah-buahan Segar yang Wajib Dikonsumsi :

1. Buah Apel

Buah apel merupakan salah satu contoh buah yang renyah saat di gigit. Apel juga memiliki banyak manfaat yang berguna untuk tubuh kita. Nutrisi yang terkandung di dalam buah apel ini yaitu potassium, antioksidan, vitamin C, dan vitamin K.

Didalam apel juga terdapat kandungan senyawa pektin yang dapat melancarkan pencernaan dan juga dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh kita.

2. Buah Mangga

Salah satu vitamin yang terkandung di dalam buah mangga adalah vitamin C. Buah mangga mengandung banyak sekali serat yang sangat berguna bagi tubuh kita. Salah satu manfaatnya yaitu untuk memperlancar saluran pencernaan di dalam tubuh.

Selain manfaat diatas, buah mangga juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Manfaat yang lainnya yaitu dapat meningkatkan system kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

3. Buah Semangka

Buah semangka merupakan buah yang memiliki banyak sekali kadar air didalamnya. Didalam semangka juga terkandung vitamin A, vitamin C, dan juga antioksidan.

Jika kalian rajin mengkonsumsi buah semangka, maka kalian akan mendapatkan banyak manfaat salah satunya yaitu dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Selain menurunkan risiko terkena penyakit kanker, semangka juga mengandung senyawa lycopene yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan pada jantung.

4. Buah Jeruk

Seperti yang kalian ketahui, jeruk merupakan buah yang sangat kaya akan vitamin C dan juga potassium. Jika kalian mengonsumsi buah ini secara rutin, maka kalian dapat menurunkan risiko terkena penyakit batu ginjal dan juga anemia.

5. Buah Anggur

Terdapat dua macam warna pada buah anggur, yaitu merah dan ungu. Meskipun berbeda warna tetapi buah anggur ini memiliki kandungan antioksidan yang sama di dalamnya.

Jika kalian mengonsumsi buah anggur secara rutin, maka manfat yang kalian dapatkan yaitu dapat memperkuat jantung, sendi, mata, dan juga otak.

6. Buah Pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang memiliki berbagai kandungan didalamnya. Seperti vitamin A, vitamin C, potassium, dan folat. Sama seperti semangka, pepaya juga mengandung senyawa lycopene. Senyawa ini dapat berfungsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Selain itu, jika kalian rutin untuk mengonsumsi buah pepaya maka hal itu akan membantu meningkatkan pencernaan pada tubuh.

7. Buah Pisang

Buah pisang sangat kaya akan berbagai vitamin dan potassium didalamnya yang dapat menyehatkan tubuh kita. Pisang banyak mengandung kalori baik yang dapat membantu tubuh kita agar lebih merasa kenyang dan merasa kenyang lebih lama, sehingga buah ini cocok untuk di jadikan makanan pada saat diet.

Selain itu, pisang juga berguna membantu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh kita.

Itulah artikel cara menyimpan buah yang dapat saya sampaikan. Semoga kalian dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari dan semga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.