olahraga sehat

Cara Olahraga Sehat yang Baik dan Benar

Posted on

olahraga sehat

Kamu yang sepanjang ini tidak sering ataupun sama sekali tidak sempat olahraga tadinya bisa jadi bimbang wajib mengawalinya dari mana. Tetapi apa juga yang jadi alibi Kamu buat mulai hidup lebih aktif, hendaknya jangan langsung olahraga yang berat ataupun yang berintensitas besar seperti meliukkan badan melatih otot, semacam angkat beban contohnya. Ingat pepatah yang berbunyi,“ sediki- sedikit lambat- laun jadi bukit”, kan? Nah begini panduan mengawali berolahraga yang baik.

Bangun motivasi Kamu terlebih dahulu

Awal mulanya Kamu wajib memiliki komitmen dahulu buat menetapkan tujuan berolahraga yang hendak Kamu mulai. Alasannya, riset berkata jika motivasi berolahraga yang digabung dengan rencana kegiatan nyata hendak lebih sukses buat diwujudkan.

Contohnya semacam menuliskan kegiatan yang Kamu rencanakan sepanjang 4 minggu ke depan. Mulai dari aktivitas raga apa yang hendak Kamu jalani, berapa lama Kamu hendak melaksanakannya, serta kapan Kamu hendak berakhir melaksanakannya.

Rencana kegiatan ini hendak menarangkan apa yang sepatutnya Kamu jalani serta membiarkan Kamu memandang serta menganalisis sepanjang mana kemajuan Kamu sehabis mengawali berolahraga.

Kemudian, gimana metode mengawali buat olahraga?

Kala Kamu hadapi kesusahan ataupun tidak ketahui mulai dari mana, coba bicarakan dengan dokter ataupun pakar kesehatan menimpa rencana Kamu buat olahraga. Sehabis itu, mulailah dengan memasukkan lebih banyak kegiatan ke dalam kehidupan tiap hari Kamu.

Misalnya semacam contoh simpel berikut ini:

Dikala berangkat ke kantor, cobalah buat memilah naik tangga dibandingkan naik lift ataupun eskalator.

Bila Kamu naik kendaraan universal, berhentilah di terminal ataupun halte yang agak jauh dari kantor. Tempuh jarak sisanya dengan berjalan kaki santai.

Kamu pula dapat mengosongkan waktu buat berjalan- jalan ataupun semata- mata naik turun tangga saat sebelum serta setelah makan siang.

Dikala libur, daripada hanya menyaksikan Televisi seharian Kamu dapat melaksanakan kegiatan raga semacam berjalan- jalan di halaman, berupaya berenang, ataupun semata- mata jogging di pagi hari.

Terkadang dengan pergantian kecil dalam rutinitas tiap hari dapat menolong Kamu jadi lebih aktif olahraga. Alih- alih langsung berangkat ke gym ataupun semata- mata treadmill, cobalah buat berjalan santai ataupun jogging di dekat area Kamu tinggal terlebih dulu.

Lelet laun badan pula hendak membiasakan diri dengan kegiatan yang Kamu jalani. Setelahnya, barulah Kamu dapat bergeser ke berolahraga yang lebih berat, semacam angkat beban, ataupun apalagi freeletics sekalipun.

Berapa lama wajarnya Kamu wajib olahraga? Apa yang dapat dicoba?

Cocok dengan saran World Health Organization, Kamu dianjurkan buat melaksanakan aktivitas olah raga ini dengan kegiatan lagi sepanjang 150 menit per minggu. Tetapi bila mau melaksanakan berolahraga yang berat, Kamu dapat melaksanakannya sepanjang 75 menit saja.

Sepanjang waktu olahraga, Kamu tidak butuh memaksakan diri buat olahraga terus menerus. Coba untuk sebagian tahap dalam satu hari. Kemudian, American Heart Association( AHA) menganjurkan selaku berikut:

Jalani berolahraga keseriusan lagi sepanjang 150 menit per minggunya, Ataupun jalani sepanjang 30 menit saja tiap hari. Dapat dicoba dengan bersepeda ataupun berjalan kilat keliling area rumah.

Sebaliknya buat berolahraga yang berat, lumayan jalani sepanjang kurun waktu 25 menit saja per harinya. Di mari Kamu dapat olahraga semacam angkat beban, muaythai, ataupun apalagi bermain sepak bola ataupun futsal.

Fokus satu tipe berolahraga dulu

Fokus dahulu pada satu tipe ataupun satu berbagai gerakan yang Kamu mau jalani serta jangan berkecil hati dengan sasaran yang belum dapat Kamu capai.

Bersamaan kebugaran badan bertambah, Kamu hendak sukses melaksanakan bermacam- macam gerakan yang tadinya belum dapat Kamu jalani.

Setelahnya Kamu dapat memvariasikan macam- macam tipe serta gerakan berbeda buat mencapai khasiat yang lebih banyak serta sekalian bebas dari rasa jenuh. Misalnya, Kamu dapat tambahkan latihan kekuatan serta kelenturan.

Jalani latihan kekuatan serta kelenturan 2 hingga 3 hari per minggu di samping berolahraga utama yang Kamu jalani.

Ajak sahabat ataupun keluarga buat turut olahraga

Kadangkala, olahraga sendirian itu buat suntuk serta buat Kamu lambat- laun tidak bergairah. Hingga demi mempertahankan semangat yang sepanjang ini telah dibentuk, ajaklah sahabat ataupun anggota keluarga buat bersama olahraga. Dengan terdapatnya sahabat olahraga, Kamu dapat lebih semangat serta bisa jadi merangsang watak kompetitif dalam diri supaya jangan hingga kalah dengan mereka.

Bila susah mengendalikan diri sendiri, gunakan jasa pelatih ataupun personal trainer yang dapat menolong Kamu menempuh berolahraga dengan teratur.

Singkirkan benak menimpa angka timbangan. Kamu wajib ingat, ini bukan tentang seberapa turun angka timbangan Kamu, ini soal kesehatan Kamu.

Perihal yang wajib dicoba saat sebelum serta setelah mengawali olahraga

1. Senantiasa jalani pemanasan serta pendinginan

Tiap kali saat sebelum mengawali olahraga, jalani dahulu pemanasan. Pemanasan bertujuan buat mempersiapkan otot serta anggota gerak Kamu“ ditempa” pekerjaan berat supaya tidak luka.

Begitu pula kala Kamu telah berakhir. Yakinkan buat melaksanakan pendinginan serta peregangan ootot tiap kali berakhir olahraga supaya pemulihan badan terus menjadi kilat. Pendinginan sangat baik dicoba lekas sepanjang otot- otot Kamu masih lumayan panas.

2. Jangan sangat lama gunakan pakaian olahraga

Jangan berlama- lama gunakan pakaian Kamu yang basah oleh keringat. Lekas ubah pakaian serta baju dalam Kamu jika telah berakhir olahraga.

Baju yang lembap sebab keringat hendak jadi tempat yang sempurna untuk jamur, kuman, serta bakteri buat tumbuh biak. Kamu juga jadi lebih rentan kena peradangan kulit serta jerawatan.

3. Minum air yang cukup

Buat mengambil alih cairan yang lenyap sepanjang Kamu olahraga, jangan kurang ingat minum air yang lumayan. Sepanjang olahraga, jantung Kamu pula bekerja jauh lebih keras sehingga memerlukan oksigen lebih banyak. Jadi, Kamu wajib lekas mengisi konsumsi oksigen lagi melalui air minum.

4. Makan santapan sehat

Mengisi perut sehabis berolahraga merupakan perihal yang kerap diabaikan, entah sebab padat jadwal ataupun sebab belum lapar. Sementara itu, makan sehabis olahraga itu berarti buat membetulkan serta membangun kembali otot- otot yang tadi telah bekerja keras.

Jadi, seleksi menu santapan yang kaya protein semacam daging ayam, telur, bubur gandum, daging ikan, yogurt, susu, serta keju.

Seluruh rencana berolahraga Kamu bergantung pada hasrat. Ingatlah kalau menempuh style hidup sehat semacam olahraga merupakan kerutinan, bukan satu perihal praktis yang hendak Kamu miliki langsung khasiatnya.

Bersamaan waktu, terus ingatkan diri sendiri buat mempertahankan style hidup aktif serta makan santapan yang sehat guna menggapai tujuan Kamu.