fungsi arang tempurung kelapa

Fungsi Arang Tempurung Kelapa Bagi Kesehatan dan Tanaman!

Posted on

Hallo Semuanyaaa! Selamat datang di artikelku yang selanjutnya. Di dalam artikel kita akan bersama sama membahas tentang fungsi arang tempurung kelapa. Ternyata manfaatnya ngga cuma buat bakar sate doang lohh! yuk simak.

Definisi Arang Tempurung Kelapa

fungsi arang tempurung kelapa

Arang Tempurung Kelapa adalah arang ayang berasal dari tempurung kelapa yang memiliki bentuk tipis seperti lempengan. Arang jenis batok kelapa adalah salah satu arang yang sangat ditemukan di pasaran, dengan harga terjangkau. Kelebihan arang jenis ini yaitu abunya yang sedikit dan juga nyala api bisa bertahan cukup lama.

Asapnya juga tak banyak. Dan yang terpenting adalah arang batok tidak mudah membuat makanan jadi gosong ataupun hangus. Namun, kelemahan dari arang ini yaitu harga jualnya yang cukup mahal.

Fungsi Arang Tempurung Kelapa

1. Sebagai obat anti-bisa

Arang tempurung kelapa yang telah melewati proses pemanasan dengan gas dapat bermanfaat sebagai penawar bisa yang sangat efektif. Dapat menangani bisa hewan seperti ular, laba-laba atau lebah dapat menggunakan arang batok kelapa baik yang sudah berbentuk karbon aktif ataupun yang berbentuk arang biasa

2. Sebagai anti racun

Arang tempurung kelapa adalah penyerap racun yang bisa dikatakan sangat efektif. Racun yang ada di dalam tubuhmu yang didapat dari makanan , bisa diserap dengan efektif dengan mengonsumsi arang ini. Tetapi akan jauh lebih baik lagi, jika menggunakan arang yang telah menjadi karbon aktif. Arang tempurung kelapa yang berbentuk karbon aktif jauh lebih efektif dan aman karena arang ini sudah berbentuk bubuk dan melewati proses yng aman bagi tubuh kamu.

3. Untuk menurunkan kolesterol

Tidak semua kolesterol harus dihilangkan dari tubuhmu. Apalagi jika kolesterol tersebut merupakan kolesterol baik. Kolesterol jahat dan kolesterol baik termasuk salah satu yang sangat diperlukan bagi tubuh kamu. Tapi harus tetap di dalam dosis yang aman. Untuk mengatasi kolesterol yang tinggi tersebut, karbon aktif merupakani solusi yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi tersebut.

4. Membersihkan sistem pencernaan

Ingin pencernaan bersih dan lancar? Manfaat arang batok kelapa bisa membantu kamu membersihkan usus dan melancarkan sistem pencernaan. Arang batok kelapa bisa digunakan dengan cara dikonsumsi dengan tujuan untuk detoksifikasi atau untuk mengeluarkan kotoran dan toksin yang terdapat di dalam organ-organ pencernaanmu.

5. Menjauhkan dari sakit perut

Karbon aktif dapat sangat berguna untuk mengobati sakit perut. Seperti yang sudah kamu ketahui, karbon aktif yang khususnya terbuat dari batok kelapa merupakan media detoks racun yang sangat efektif. Karbon aktif bisa juga digunakan untuk mengobati sakit perut karena karbon aktif ini akan menyerap dan membantu mengeluarkan kotoran maupun toksin pada usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan.

Jika anda masih kebingungan dalam membuat arang tempurung kelapa, maka gunakan

6. Sebagai obat inflamasi

Selain untuk mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh, arang batok kelapa bisa berguna untuk meredakan peradangan. Karena racun, bakteri serta virus maupun penyebab lain dari inflamasi bisa diserap dengan baik oleh karbon aktif yang berasal dari arang batok kelapa.

7. Menyembuhkan luka

Selain mengobati peradangan, luka yang sudah bernanah sekalipun bisa diatasi dengan menggunakan karbon aktif. Caranya cukup sederhana yakni dengan menempelkan karbon aktif tersebut pada luka.

8. Untuk menghentikan diare

Karbon aktif yang berasal dari arang batok kelapa bisa juga digunakan untuk menghentikan diare. Seperti sudah dijelaskan, manfaat arang batok kelapa khususnya yang sudah berbentuk karbon aktif bisa membantu mengeluarkan racun penyebab diare dan menyembuhkan diare.

9. Mencegah mabuk

Arang batok kelapa khususnya yang sudah berbentuk karbon aktif bisa digunakan untuk mencegah mabuk setelah mengonsumsi bir atau minuman beralkohol lainnya. Hal tersebut sudah banyak dibuktikan. Dan memang sangat dianjurkan untuk mencegah mabuk setelah mengonsumsi minum-minuman beralkohol.

10. Menjernihkan dan memurnikan air

Karbon aktif yang terbuat dari arang batok kelapa bisa dimanfaatkan untuk menyaring berbagai zat berbahaya yang terbawa di dalam air. Karbon aktif juga bisa digunakan untuk memurnikan air minum dan bisa kamu konsumsi setiap harinya.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang manfaat arang kunjungi situs manfaat arang bagi tanaman.

Fungsi Lain Arang Tempurung Kelapa Untuk tanaman

1. Meningkatkan pH tanah

pH tanah adalah tingkat keasaman atau kebasaan suatu benda yang diukur dengan skala pH antara 0 hingga 14. Jika angka skala pH kurang dari 7 benda dikatakan bersifat asam dan jika skala pH lebih dari 7 disebut basa. Jika skala pH adalah 7 maka benda tersebut bersifat netral, tidak asam maupun basa. Kondisi tanah yang paling ideal untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman adalah tanah yang bersifat netral.pH arang sekam cukup tinggi, yaitu antara 8,5 sampai 9.0 sehingga sangat baik digunakan untuk meningkatkan pH pada tanah asam.

2. Menjaga kondisi tanah tetap gembur

Arang sekam jika digunakan sebagai campuran media tanam bisa bermanfaat untuk menjaga
kondisi tanah tetap gembur, karena memiliki porositas tinggi dan ringan.

3. Mengisolasi penyakit dan menyerap racun di dalam tanah

Di dalam tanah terdapat racun dan penyakit yang merugikan tanaman, akan tetapi sebelum racun dan penyakit tersebut menyerang tanaman sudah diikat dan diserap oleh arang sekam, atau dengan kata lain arang sekam bermanfaat sebagai absorban untuk menekan jumlah mikroba patogen.

4. Mengikat unsur hara

Arang memiliki pori-pori yang banyak, oleh karena itu meskipun bentuknya besar arang tetap ringan, tak terkecuali arang sekam.
Pori-pori tersebut berfungsi untuk mengikat dengan cara menyerap unsur hara, dan jika unsur hara sudah diserap maka saat disiram, unsur hara tidak larut terbawa air.

Pori-pori tersebut juga menjadi tempat hidup dan berkembang biak mikroba/ mikroorganisme yang berguna bagi tanaman, Sehingga memacu pertumbuhan mikroorganisme yang berguna bagi tanaman, yang mana mikroba tersebut sebagai pengurai bahan-bahan organik menjadi nutrisi dan unsur hara yang bermanfaat untuk tanaman.

5. Menjaga sirkulasi udara pada media tanam

Akar menjadi salah satu bagian penting dalam pertukaran gas oksigen dan karbondioksida yang dibutuhkan tumbuhan. Walaupun letaknya di dalam tanah, bukan berarti udara tidak dapat menembus akar. Tumbuhan akan membutuhkan O2(oksigen) dan mengeluarkan CO2.

Begitu jg dengan manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan O2 dan mengeluarkan CO2.
Nah, dengan menambahkan arang sekam pada media tanam maka kegemburan tanah akan terjaga sehingga sirkulasi udara akan lancar. menurut sebuah penelitian bahwa arang tidak mudah lapuk dan bisa bertahan dalam waktu yang lama bahkan ratusan tahun. Dengan demikian kegemburan tanah akan tetap terjaga sehingga tanaman akan tumbuh optimal

6. Meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air

Menambahkan Arang pada media tanam dapat meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air, sehingga kebutuhan air bagi tanaman tetap terjaga.

7. Memperbaiki tanah yang rusak akibat kontaminasi bahan kimia

Caranya yaitu masukkan atau campurkan arang sebanyak-banyaknya pada tanah yang rusak karena terkontaminasi bahan kimia.

Jika anda kesulitan dalam mencari mesin mesin untuk keperluan tertentu, kunjungi website rumahmesin.com. Disana menjual barang barang yang tentunya akan memudahkan pekerjaan sehari hari kita, yuk buruan di klik!

Cara Membuat Arang Dengan Drum

A. Menggunakan Satu Drum

  1. Tentukan tempat di mana Anda bisa membuat api . Anda bisa menggunakan api di halaman belakang, atau bisa menggunakan tempat lain setelah meminta izin terlebih dahulu. Periksa aturan di sekitar Anda tentang hal ini agar tidak ada.
  2. Siapkan drum logam . Gunakan drum ini untuk memasukkan kayu. Pilih ukuran drum sesuai kebutuhan Anda, tergantung banyak arang yang mau Anda buat. Pastikan drum Anda memiliki tutup yang kedap dengan api agar tidak meleleh saat pembakaran.
  3. Pilih kayu yang akan Anda buat menjadi arang . Pilih kayu yang sudah kering. Kayu cherry atau kayu oak, semua bisa Anda gunakan. Cari tahulah jika di sekitar Anda ada orang yang menjual kayu, atau belilah di toko sekitar. Potong kayu menjadi ukuran 4 inchi.
  4. Isi drum dengan kayu yang sudah kering. Isi drum dengan kayu yang sudah kering dan hingga ke bagian atas, Kemudian tutup drum secara rapat, tapi jangan sampai kedap udara.
  5. Persiapkan untuk membuat api . Beli atau juga bisa mengumpulkan kayu untuk membuat api yang akan menyala selama 3 – 5 jam. Nyalakan api pada tempat yang Anda pilih. Gali lubang di bagian tengah untuk meletakkan drum. Pastikan drum tertutup oleh kayu.
  6. Nyalakan api . Jika Anda menggunakan drum besar berisi kayu, biarkan menyala selama 3 jam atau lebih. Biarkan api menyala hingga padam dan mendingin sebelum Anda menyalakan drum.
  7. Angkat arang kayu . Saat Anda buka tutup drum, angkat dan gunakanlah untuk memasak beragam makanan yang Anda sukai.

B. Menggunakan Dua Drum

  1. Beli drum kecil dan drum besar . Pertama yaitu siapkan drum berukuran 30 galon di dalam, dan drum berukuran 55 galon untuk pengisiannya.
  2. Buat saluran bahan bakar pada drum besar . Gunakanlah gergaji logam agar bisa membuat potongan persegi pada bagian dasar drum besar. Ukurannya bisa 12 x 20 inchi untuk memasukan bahan bakar.
  3. Buat lubang di bagian dasar drum yang kecil . Nah, lubang ini merupakan saluran masuknya panas ke dalam drum yang lebih kecil sehingga kayu di dalamnya. Selanjutnya buatlah lubang dengan ukuran 5 – 6 1/2 inchi pada bagian dasar gendang.
  4. Isi drum yang kecil dengan kayu kering . Potonglah kayu cherry dengan ukuran 5 inchi dan masukan ke dalam drum, kemudian tutup.
  5. Lalu berdirikan gendang besar . Siapkan dua batu bata di dasar drum besar. Kemudian berikan lagi dua batu bata di atas batu bata yang pertama.
  6. Letakkan drum kecil di atas batu bata . Pastikan drum ini bisa mengisi drum besar, kalau tidak menggunakan batu bata yang lebih kecil atau batu sebagai alasnya dan tutup.
  7. Kemudian nyalakan api di dalam drum besar dan nyalakan selama 7 – 8 jam . Gunakan kayu bakar untuk membuat api, dan negara bahan ini dari lubang pada bagian dasar drum secara bergilir.
  8. Biarkan menyala hingga selesai . Setelah 7 – 8 jam, semua bahan yang ada di dalam kayu akan terbakar. Biarkan api menyala sampai padam, dan seluruh arang di bawah dingin sebelum Anda mendekatinya.
  9. Keluarkan arang . Ambilah arang dari dalam drum kecil dan simpan untuk Anda gunakan kemudian. Untuk memudahkan pembuatan arang kayu, Anda bisa menggunakan  mesin briket arang kelapa .

Demikian artikel yang membasas fungsi arang tempurung kelapa ini. Apabila terdapat kesalahan di dalam artikel ini, mohon di maafkan. Gunakan arang dengan sebaik baiknya yaaaa.

Sampai Jumpa Di Artikel Yang Selanjutnyaa!