Jaga Kebersihan Handphone Kamu dari Virus Corona!

Virus corona yang tengah mewabah diseluruh dunia ini membuat kita jadi lebih waspada dan berhati-hati agar tidak banyak menyentuh barang-barang yang akan membuat kita terjangkit virus. Penggunaan alat teknologi seperti ponsel, laptop, maupun perangkat lainnya ini cukup mengkhawatirkan, karena barang-barang tersebut kita gunakan dan pegang setiap hari.

Orang-orang yang ditemui pun bisa melemparkan virus jika tidak sengaja tersentuh yang akan mengkhawatirkan pengguna alat elektronik itu. Kamu bisa tetap menjaga kebersihan perangkat elektronik yang kamu gunakan dengan beberapa tips berikut ini.

1. Gunakan sinar ultra violet

Saat ini banyak alat-alat yang menggunakan sinar ultra violet, penggunaan cahaya ultra violet tersebut bertujuan untuk membersihkan kumat. Sinar ultra violet cukup kuat digunakan untuk membunuh kumat tetapi tidak menjamin untuk membunuh setiap jenis bakteri yang ada didalamnya.

Cek artikel menarik [5 Tips Aman Menonton Bioskop Saat Pandemi]

2. Rutin bersihkan keyboard dan mouse

Keyboard menjadi salah satu tempat jutaan kuman tinggal, karena setiap hari kamu menggunakan laptop untuk bekerja. Kamu bisa melakukan pembersihan secara berkala, bersihkan kotoran yang ada di sekitar keyboard dengan tisu atau cairan disinfektan yang telah disemprot ke tisu. Tetapi hindari cairan kimia yang terlalu keras agar tidak merusak lapisan keyboard kamu.

3. Gunakan tisu pembersih khusus

Saat ini banyak beredar tisu yang secara khusus digunakan untuk membersihkan peralatan elektronik kamu, beli lah beberapa dan lakukan pembersihan secara rutin.

4. Sebelum membersihkan perangkat matikan terlebih dahulu

Matikan perangkat, lepas case pelindungan serta cabut aksesoris yang melekat pada peralatan elektronik. Kamu bisa menggunakan sejenis kain mikrofiber karena bahannya yang cukup halus sehingga tidak akan menggores layar ponsel kamu.

Kamu bisa menyemprotkan beberapa tetes cairan ke dalam kain. Tapi jika tanpa cairan juga kamu tetap dapat membersihkan peralatan elektronikmu. Patikan untuk menghindar dari kelembaban ya.

5. Bersihkan perangkat dengan lembut

Ketika membersihkan perangkat elektronik wajib dibersihkan dengan lembut karena jika kamu membersihkannya dengan kasar maka komponen perangkat tersebut akan rusak. Kamu bisa menggunakan tisu basah yang lembut untuk mensterilkan perangkat.


Perangkat elektronik yang sehari-hari kamu gunakan itu wajib dibersihkan secara berkala ya agar tidak banyak kuman dan bakteri yang menempel sehingga kamu juga jadi merasa aman. Simak artikel menarik lainnya disini.