Apa Saja Kegunaan Minyak Serai Wangi Bagi Kesehatan

Posted on

Minyak serai bagus buat kesehatan karena adanya kandungan yang bagus dalam serai yang mampu menjaga kesehatan.Berikut kegunaan minyak serai wangi.

Apa Saja Kegunaan Minyak Serai Wangi Bagi Kesehatan

Kegunaan minyak serai wangi

1. Mampu melawan bakteri

Minyak sereh juga ternyata bisa digunakan untuk mengobati bagian luka dan mencegah dari infeksi. Sebuah penelitian yang membuktikan, minyak sereh sangat ampuh dalam melawan sebuah bakteri yang kebal terhadap obat-obat, termasuk:
Infeksi kulit
Radang paru-paru
Infeksi darah
Infeksi usus
Riset yang lainnya menunjukkan bahwa minyak sereh bisa membunuh bakteri Acinetobacter baumannii, yang seringkali kerap menyebabkan pneumonia dan juga infeksi darah.

2. Mampu membunuh jamur

Minyak sereh juga sudah terbukti ampuh dalam membunuh jamur yang menyebabkan penyakit athlete’s foot, kurap, hingga infeksi jamur di bagian selangkangan.
Para peneliti dalam sebuah studi percaya bahwa setidaknya obat jamur harus memiliki sedikit ekstrak minyak sereh sebanyak 2,5% untuk bisa membuahkan hasil yang maksimal dalam saat menyembuhkan berbagai macam penyakit akibat infeksi dari jamur tersebut.

Baca Juga:Manfaat Minyak Atsiri

3. Kegunaan minyak serai wangi Mencegah peradangan

Peradangan pada tubuh sangatlah berbahaya,bahkan bisa menimbulkan penyakit yang sangat mengancam nyawa. Sebuah riset menyatakan bahwa minyak sereh yang mengandung citral ternyata bisa mencegah adanya peradangan.
Dalam penelitian pada tubuh hewan uji tersebut, minyak sereh yang diminumkan dapat mencegah adanya peradangan pada penyakit edema kaki. Bahkan juga pada minyak sereh yang dioles juga mampu mencegah peradangan pada bagian edema telinga yang diderita oleh hewan tikus.
Namun tak hanya karena manfaat minyak sereh ini baru dirasakan pada hewan uji, sebaiknya Anda tidak mencobanya sebelum berkonsultasi pada dokter yang ahli dalam bidangnya.

4. Memiliki kandungan antioksidan

Antioksidan juga dapat mencengah datangnya kerusakan sel akibat paparan radikal bebas di dalam tubuh. Banyak sumber yang alami dari antioksidan yang bisa Anda coba, salah satunya minyak sereh yang dalam sebuah riset, minyak sereh juga ternyata terbukti ampuh dalam melawan radikal bebas di dalam bagian tubuh, karena memiliki kandungan antioksidan yang bagus.

5.Kegunaan minyak serai wangi Mencegah tukak lambung

Minyak sereh juga dipercaya sebagia bahan obat herbal untuk mencegah tukak lambung. Dalam sebuah penelitian pada tubuh hewan uji, minyak sereh berhasil membuktikan bahwa kemampuannya dalam mencegah tukak lambung, yang bisa menyebabkan terjadinya sakit perut.
Namun, penelitian pada manusia masih perlu dilakukan untuk membuktikan bahwa manfaat minyak sereh yang satu ini memang ampuh.

6. Mencegah mual

Minyak sereh juga bisa mencegah terjadinya mual, karena aromanya minyak sereh yang sangat menenangkan itu. Tidak heran banyak bahan teh herbal yang memiliki kandungan sereh di dalamnya.

7.Kegunaan minyak serai wangi Mencegah diare

Diare tidak hanya bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Dehidrasi juga bisa muncul akibat adanya diare.
Sayangnya bahwa obat diare yang bisa dibeli bebas tanpa adanya resep biasanya memiliki efek samping seperti sembelit dan juga sudah buang air besar.
Itulah sebabnya banyak orang yang sudah beralih ke pengobatan alami seperti menggunakan minyak sereh. Apalagi sebuah penelitian pada hewan uji membuktikan bahwa kandungan minyak sereh mampu mencegah diare.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Minyak sereh adalah bahan yang alami populer yang sering digunakan untuk bahan memijat, apalagi aromanya bisa membuat rileks tubuh.
Ternyata, efek dari minyak sereh yang digunakan untuk memijat ini dapat menurunkan tekanan dari darah tinggi.
Dalam sebuah riset dari para peneliti melihat perbedaan tekanan darah dan juga denyut nadi dari responden yang merasakan ada pemijatan menggunakan minyak sari sereh. Penelitian hal dilakukan selama satu kali dalam seminggu, selama kurang lebih tiga minggu.
Hasilnya bahwa minyak sereh terbukti bisa menurunkan tekanan darah yang diastolik. Para peneliti percaya bahwa minyak sereh punya efek yang menenangkan sistem bagian saraf.

9. Meredakan sakit kepala

Menurut sebuah penelitian bahwa aroma minyak sereh mampu mencegah adanya sakit kepala. Sebab, komponen eugenol dalam minyak sari dianggap memiliki kemampuan yang sama seperti kandungan aspirin.
Eugenol yang dikandung dalam minyak sereh dipercaya dapat mencegah trombosit untuk menggumpal. Tidak hanya itu kandungan eugenol juga bisa membantu tubuh untuk melepaskan hormon kebahagiaan atau serotonin.

Jika Anda ingin membuat minyak bisa gunakan alat destilasi minyak atsiri .

Mungkin itu yang bisa disampaikan informasi tentang kegunaan minyak serai wangi,semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terimakasih.