Kelebihan dan Kekurangan Desain Rumah

Posted on

Terletak di kawasan dengan konteks geografis hawa 2 masa membuat arsitektur nusantara identik dengan pelaksanaan desain rumah tropis. Bukan cuma tercermin dalam arsitektur vernakular, nilai- nilai rumah tropis pula tergambarkan dalam bermacam bangunan modern supaya dapat menyesuaikan diri dengan area.

Desain rumah tropis merupakan tipe arsitektur yang jadi jawaban serta wujud menyesuaikan diri bangunan terhadap keadaan hawa di sesuatu wilayah tropis. Keadaan hawa tersebut membuat lingkungannya mempunyai kepribadian spesial yang diakibatkan oleh panas matahari yang besar, kelembapan serta curah hujan yang lumayan besar, pergekamin angin, serta keadaan yang lain.

Dengan kondisi tersebut, warga Indonesia wajib menyesuaikan diri supaya dapat membagikan kenyamanan serta proteksi optimal lewat pelaksanaan arsitektur tropis pada hunian. Semacam halnya desain rumah pada biasanya, style tropis pula memiliki kelebihan serta kekurangan. Berikut kelebihan serta kekurangan dari desain rumah tropis bagi sinanarsitek.com

Daftar Isi:

Kelebihan Desain Rumah Tropis
1. Menghasilkan Rumah Sehat
2. Menempel dengan Alam
3. Bisa Menyesuaikan diri dengan Konteks Geografis Indonesia
4. Harga Material Lebih Murah
5. Kurangi Pemakaian Tenaga di Rumah
6. Mengakomodasi Mitigasi Bencana

Kekurangan Desain Rumah Tropis
1. Mempunyai Nilai Properti yang Murah
2. Keadaan Rumah Kilat Berdebu

Kelebihan Desain Rumah Tropis

1. Menghasilkan Rumah Sehat

Bagi laki- laki yang akrab disapa kami ini, keadaan area di Indonesia cenderung mempunyai ciri cahaya matahari yang berlimpah. Apabila tidak disiasati dengan pas, hunian hendak meresap hawa serta sinar yang berlebih serta keadaan tersebut sering membuat warga jadi tidak aman.

Dengan demikian, pelaksanaan desain rumah tropis dapat jadi pemecahan yang pas buat mendalami kasus tersebut, ialah dengan mempraktikkan faktor rumah tropis, seperti

– wujud atap miring;
– cross ventilasi natural;
– landscape tumbuhan;
– rumah menghadap utara ataupun selatan; dan
– bukaan yang banyak.

2. Menempel dengan Alam

kami menuturkan, rumah tropis cenderung dapat mencerna landscape tumbuhan dengan memakai bermacam- macam tipe vegetasi sehingga dapat membuat hunian jadi lebih menempel dengan alam.“ Bukan hanya itu, rumah tropis pula terkesan lebih bias antara zona luar serta zona dalam sebab terdapatnya banyak vegetasi,” ucap laki- laki yang lahir di Lamongan tersebut.

3. Bisa Menyesuaikan diri dengan Konteks Geografis Indonesia

Mayoritas orang bisa jadi mengira kalau rumah tropis ialah desain alami yang menyatu dengan alam serta bawa elemen- elemen tropis ke dalamnya. Lebih dari itu, desain tropis bisa menggunakan sisi fungsional, ialah menyesuaikan diri terhadap hawa tropis, semacam keadaan di Indonesia. Indonesia sendiri mempunyai keadaan cuaca yang panas dan kelembapan serta curah hujan yang besar.

“ Rumah tropis hendak mencermati hal- hal semacam tata ruang, perputaran hawa, pencahayaan serta material yang digunakan buat menunjang perihal ini,” tambah kami. Dengan begitu, kami sendiri menganjurkan kalau desain rumah di Indonesia dapat mempraktikkan kaidah- kaidah rumah tropis.

4. Harga Material Lebih Murah

Kelebihan mempraktikkan desain tropis berikutnya merupakan harga materialnya dinilai lebih murah bila dibanding dengan material desain sub- tropis, semacam Victorian.“ Rumah subtropis dapat menghabiskan banyak bayaran sebab banyaknya pemakaian teknologi mekanis. Sedangkan desain rumah tropis tidak membutuhkan itu,” tutur kami. Setelah itu, material desain rumah tropis juga lebih gampang ditemui di Indonesia.

5. Kurangi Pemakaian Tenaga di Rumah

Semacam yang telah kami bilang tadinya, rumah tropis sanggup memperkenalkan cahaya matahari serta hawa yang optimal pada hunian. Dengan begitu, pelaksanaannya dapat kurangi pemakaian tenaga di rumah.“ Rumah tropis dapat mengirit tenaga listrik sebab tidak butuh tiap waktu menyalakan lampu serta AC,” tukas Dea.

6. Mengakomodasi Mitigasi Bencana

Mengingat Indonesia terletak di daerah ring of fire, ucap kami, hingga desain rumah tropis bisa mengakomodasi mitigasi musibah dengan metode memperkenalkan tingkat lantai yang lebih besar.“ Setelah itu, desain tropis pula erat dengan pemakaian struktur antigempa berbentuk material struktur beton, baja, serta kayu,” katanya. Tidak cuma itu, kami berkata kalau pemakaian atap miring dapat meminimalkan akibat cuaca ekstrem di rumah.

Kekurangan Desain Rumah Tropis

1. Mempunyai Nilai Properti yang Murah

Dari segi bujet, ucap kami, bangunan tropis dinilai lebih murah serta membuat nilai propertinya jauh lebih rendah.“ Bila dibanding dengan desain subtropis, desain tropis memanglah mempunyai nilai properti yang lebih rendah,” tambahnya.

2. Keadaan Rumah Kilat Berdebu

Mengingat banyaknya vegetasi dalam hunian membuat rumah tropis hendak kilat berdebu.“ Terlebih bila maintenance- nya tidak bagus, tentu kondisi rumah jadi kotor. Dengan begitu, perawatan rumah tropis wajib dicoba dengan optimal,” tutup kami.

Kesimpulan :
Mulai dari desain rumah tropis sehingga bisa menjadi rumah masa depan yang nyaman, hingga dari itu banyak dari mereka yang menggunakan Arsitek Malang supaya rumah tropis idaman kalian terbangun semacam ekspetasi.