Kreasi Kerajinan Dari Bubur Kertas Beserta Cara Membuatnya

Posted on

Pernahkah kalian membuat kerajinan dari bubur kertas ? Nah kali ini mimin akan membagikan informasi mengenai apa saja kerajinan dari bubur kertas beserta cara pembuatannya. Untuk itu simak sampai selesai ya !

Salah satu praktik yang dapat dilakukan untuk mengenal keragaman cabang seni rupa adalah dengan membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan termasuk dalam karya seni rupa yang diklasifikasikan menjadi seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi, tergantung dari bentuk dan bentuknya.

Berbagai macam kerajinan dapat dibuat dengan menggunakan berbagai bahan dasar, antara lain kerajinan dari kertas, koran bekas, bahan alam, dan berbagai jenis bahan lainnya.

Salah satu bahan dasar untuk membuat kerajinan tangan dari daur ulang adalah bubur kertas, yang akan kita bahas selengkapnya pada ulasan kali ini.

Pulp adalah proses mengubah kertas dari lembaran menjadi bentuk yang lembut seperti bubur kertas. Kertas yang biasa digunakan adalah jenis kertas yang mudah hancur jika terkena air, seperti kertas koran, kertas HVS, kertas goil foil, washi, chiyogami, dan berbagai jenis kertas lainnya.

Kreasi Kerajinan Dari Bubur Kertas Beserta Cara Pembuatannya

kerajinan dari bubur kertas

Kerajinan dari bubur kertas merupakan salah satu contoh kerajinan yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah, karena kertas merupakan bahan yang selalu ada di lingkungan kita sehari-hari.

Berbagai kreasi indah dan unik dapat dibuat dari bubur kertas antara lain tempat tisu, hiasan dinding, kusen atau bingkai, vas bunga, dan bentuk kerajinan lainnya. Berikut penjelasan lengkap tentang kerajinan bubur kertas dan cara membuatnya.

Langkah-langkah cara membuat bubur kertas :

  1. Langkah pertama adalah memotong kertas menggunakan gunting atau cutter menjadi potongan-potongan kecil agar mudah larut dalam air. Atau jika ingin cepat selesai dan ingin membuat bubur kertas dalam jumlah banyak, gunakan Mesin Penghancur Kertas ini.
  2. Masukkan kertas ke dalam baskom yang sudah berisi air, rendam sampai larut keras dan menjadi bubur kertas, untuk mempercepat proses pelarutan anda bisa memeras kertas hingga terurai menjadi bubur kertas.
  3. Jika kertas sudah larut dan menjadi bubur, tambahkan lem kayu atau lem fox yang menurut Anda memiliki daya rekat kuat. Aduk hingga campuran pulp dan lem tercampur rata.
  4. Adonan ampas yang sudah jadi selanjutnya dapat dibentuk menjadi diorama sesuai dengan kreativitas Anda.
  5. Ingat, proses pembentukan diorama tidak boleh memakan waktu lama, karena semakin lama adonan ampas dibiarkan akan mengeras.

1. Vas Bunga

Ada banyak kerajinan tangan berupa vas bunga, namun yang membedakan dengan kerajinan tersebut adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya.

Berbagai macam bahan di tangan orang-orang kreatif dapat disulap menjadi sebuah karya kerajinan yang menarik, salah satunya adalah vas bunga yang terbuat dari bubur kertas. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya:

Bahan bahan yang diperlukan :

  • Pulp
  • Kawat dengan panjang kurang lebih 2 meter
  • Styrofoam atau bisa juga dengan gabus
  • Pewarna
  • Dekorasi tambahan

Langkah-langkah membuatnya:

  1. Pertama-tama, proses pembuatan sketsa, pembuatan ini dilakukan di atas styrofoam dan bisa menambahkan improvisasi sesuai kreativitas Anda.
  2. Kemudian untuk konstruksi vas bunga bisa menggunakan kawat. Dengan menekuk kawat menggunakan tang, penggulungan kawat menjadi lebih tipis sehingga Anda tidak kesulitan untuk menekuknya.
  3. Selanjutnya tempelkan pulp yang sudah disiapkan pada konstruksi wire secara perlahan sampai semua permukaan tertutup seluruhnya, dan pastikan Anda menempelkannya dengan rapi.
  4. Setelah selesai, jemur di bawah sinar matahari hingga kering dan mengeras.
  5. Anda juga bisa menambahkan hiasan pada styrofoam untuk mempercantik tampilan vas bunga.
  6. Selain itu, dapat ditambahkan pewarna sesuai keinginan agar vas bunga terlihat lebih berwarna dan menarik untuk dilihat.

2. Tempat Tisu

Pembuatan bubur kertas tidak hanya sebagai suatu kerajinan, tetapi juga sebagai pemanfaatan bahan bekas, khususnya kertas koran.
Surat kabar itu sendiri dipilih karena fungsi surat kabar yang memiliki batas waktu, yaitu setelah membacanya, kertas itu akan menjadi sampah, dan setiap hari akan diproduksi dengan isi yang berbeda-beda.

Dan kertas koran memiliki ketebalan yang relatif tipis dibandingkan dengan kertas buku atau majalah, membuat kertas ini banyak digunakan untuk membuat bubur kertas.

Karena semakin tipis bahan dasar yang digunakan maka akan semakin mudah dalam proses pembuatan bubur kertas. Salah satu kerajinan yang bisa dibuat dari bubur kertas adalah tempat tisu, berikut bahan dan langkah pembuatannya :

Bahan-bahan :

  • Karton yang digunakan untuk sepatu atau yang lainnya
  • Koran bekas
  • Gunting atau pemotong
  • Lem
  • pewarna
  • Aksesoris dekoratif

Langkah-langkah membuatnya:

  1. Potong Koran menjadi potongan-potongan kecil, kemudian larutkan dengan air dan uleni hingga menjadi bubur kertas.
  2. Setelah adonan ampas siap, potong karton dan bentuk seperti tempat tisu pada umumnya atau sesuai dengan kreativitas Anda.
  3. Tambahkan lem secukupnya pada campuran ampas.
  4. Rekatkan sedikit demi sedikit ampas pada karton yang telah disiapkan, hingga seluruh permukaan karton tertutup lapisan ampas.
  5. Jemur kardus di bawah terik matahari hingga kering.
  6. Tambahkan aksesori dekoratif dengan kreativitas Anda untuk menyempurnakan tampilan.
  7. Terakhir, proses pewarnaan sesuai dengan keinginan Anda untuk membuat tampilan lebih berwarna dan menarik.

3. Kerajinan Dari Bubur Kertas Doraemon

Siapa yang tidak tahu kartun Doraemon? Hampir semua orang mengenal dan menyukai karakter Doraemon, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang mengidolakan Doraemon.

Karena memiliki bentuk yang lucu dan menggemaskan, yang mampu menarik perhatian semua orang. Oleh karena itu, banyak yang diabadikan dalam bentuk boneka, bantal, aksesoris, dan berbagai bentuk kerajinan bertema Doraemon lainnya yang laris manis di pasaran.

Berbagai bahan dapat digunakan dalam membuat kerajinan Doraemon salah satunya dari bubur kertas yang akan kita bahas kali ini. Berikut cara membuat kerajinan boneka dari bubur kertas.

Bahan-bahan :

  • Pulp
  • Baskom atau wadah besar
  • Pewarna alami
  • Aksesoris dekoratif

Langkah-langkah membuatnya

  1. Siapkan ampas yang sudah diolah, pisahkan menjadi beberapa bagian dalam wadah yang sudah disiapkan.
  2. Tambahkan pewarna yang berbeda dalam wadah sesuai kebutuhan, aduk hingga warna tercampur rata.
  3. Jika sudah tercampur rata, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil untuk bagian kepala, dan bentuk bola yang agak besar untuk bagian badan, lalu bentuk tabung untuk bagian tangan dan kaki.
  4. Setiap bentuk dapat dibuat dengan warna yang berbeda sesuai dengan selera Anda.
  5. Selanjutnya gabungkan semua bagian hingga membentuk boneka, tambahkan aksesoris untuk wajah seperti mata, hidung, dan bentuk mulut semirip mungkin seperti karakter doraemon.
  6. Jika sudah menjadi bentuk boneka doraemon, jemur di bawah terik matahari hingga kering dan mengeras.
  7. Terakhir tambahkan aksesoris sesuai kreatifitas untuk mempercantik tampilan boneka Doraemon.

4. Bingkai Kaligrafi Dari Bubur Kertas

Selain digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan, bubur kertas juga dapat digunakan untuk membuat bingkai kaligrafi yang dapat membuat tampilan kaligrafi lebih menarik untuk dilihat. Berikut bahan dan cara membuatnya :

Bahan-bahan :

  • Batang atau kelopak yang telah mengering
  • Pulp olahan
  • Lem kayu (bisa juga merekatkan kertas)
  • Pewarna alami

Langkah-langkah pembuatan

  1. Pertama siapkan Koran yang sudah diolah menjadi bubur kertas, tambahkan lem pada adonan, aduk hingga tercampur rata
  2. Diamkan dan tunggu sekitar 1 jam, sampai adonan siap digunakan
  3. Selanjutnya tambahkan pewarna untuk mempercantik kerajinan agar lebih menarik
  4. Cetak dan saring (screen di atas), lalu masukkan ke dalam bak yang telah dicampur dengan bubur kertas hingga merata
  5. Setelah selesai, angkat cetakan dan siapkan kain lebar (kain yang dapat menyerap air secara maksimal)
  6. Angkat kasa, tempatkan cetakan yang sudah ada ampasnya dan keluarkan airnya dengan busa
  7. Angkat layar setelah tidak mengandung air, lalu keringkan atau biarkan mengering sendiri
  8. Setelah kering, permukaannya bisa disetrika untuk menghaluskannya

5. Membuat Diorama

Diorama adalah kerajinan yang menggunakan bahan utama bubur kertas, selain itu bisa juga menggunakan bahan lain, namun bubur kertas merupakan bahan yang tepat untuk membuat diorama karena dapat menghasilkan karya yang lebih baik dari bahan lainnya.

Ampas di sini memiliki fungsi seperti malam yang nantinya akan mengeras jika dibiarkan. Nah, berikut ini penjelasan cara membuat diorama dari bubur kertas.

Media dan bahan:

  • Kertas atau Koran
  • Baskom atau wadah besar
  • Gunting atau pemotong
  • Lem kayu (bisa juga menggunakan lem fox atau sejenisnya)

Langkah-langkah membuatnya

  1. Langkah pertama adalah memotong kertas menggunakan gunting atau cutter menjadi potongan-potongan kecil agar mudah larut dalam air.
  2. Masukkan kertas ke dalam baskom yang sudah berisi air, rendam sampai larut keras dan menjadi bubur kertas, untuk mempercepat proses pelarutan anda bisa memeras kertas hingga terurai menjadi bubur kertas.
  3. Jika kertas sudah larut dan menjadi bubur, tambahkan lem kayu atau lem fox yang menurut Anda memiliki daya rekat kuat. Aduk hingga campuran pulp dan lem tercampur rata.
  4. Adonan ampas yang sudah jadi selanjutnya dapat dibentuk menjadi diorama sesuai dengan kreativitas Anda.
  5. Ingat, proses pembentukan diorama tidak boleh memakan waktu lama, karena semakin lama adonan ampas dibiarkan akan mengeras.

Demikianlah beberapa kerajinan dari bubur kertas beserta cara pembuatannya. Caranya mudah dan gampang ditiru bukan ? Jangan lupa untuk mempraktekkannya dirumah masing-masing ya. Selamat Mencoba dan Semoga berhasil ! See you ^^