Membuat Kerupuk Gendar Renyah Dan Gurih

Posted on

Pada artikel kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat kerupuk gendar gurih dan enak yang bisa dibutakan di rumah dengan bahan banah yang sangat mudah didapatkan.

Disini kami menggunakan sisa nasi yang masih layak makan yang tidak berwarna dan tidak berbau. Sebelumnya, tahukah Anda apa itu gendar cracker?

Kerupuk gendar kadang disebut juga gendar, makanan adalah kerupuk yang terbuat dari adonan nasi yang dibumbui dengan bumbu. Sering diberi bumbu dan penambah rasa gurih agar rasa gendar semakin nikmat. Jika kurang kenyal bisa ditambahkan tepung tapioka sebagai bahan alami agar adonan mentah menjadi kenyal dan padat.

Penjelasan

Gendar bisa disebut sebagai Legendar, snack yang satu ini memiliki rasa yang enak dan enak, rasa yang natural juga sangat terasa. Karena kerupuk ini dibuat dari salah satu menu pokok makanan Indonesia yaitu nasi. Kerupuk Gendar adalah salah satu jenis kerupuk khas jawa. Diantaranya adalah makanan khas kota Wonosobo. Memang kerupuk ini terbuat dari beras yang telah dibumbui dengan berbagai macam bumbu dan resep masakan.

Buat kerupuk dengan nasi lalu tumbuk atau uleni (bisa juga diblender) sampai cukup halus dan lumat. Buat adonan dan potong setipis mungkin (agar waktu pengeringan atau pengeringan lebih cepat) kemudian jemur. Kemudian gendar sampai matang dan siap saat kerupuk sudah kering.

Jika ingin berkreasi sendiri dengan membuat gendar dengan bahan utama masih berupa beras, maka caranya pun tidak terlalu sulit. Campurkan air dengan bumbu halus, lalu rendam beras selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu kukus nasi kurang lebih 30 menit sampai nasi mengembang lalu tumbuk atau tumbuk nasi yang sudah menjadi nasi. Kemudian campur nasi dengan tepung tapioka hingga menjadi adonan yang menggumpal. Anda bebas membentuk adonan sesuai bentuk yang diinginkan lalu dipotong tipis-tipis untuk dijemur di bawah sinar matahari agar kering dan mudah digoreng.

Ibu rumah tangga biasanya sering memiliki sisa nasi yang masih enak dan belum dimakan habis. Sementara itu, Anda bingung mau ngapain nasinya. Nasi sisa dapat dibuat menjadi kerupuk gendar yaitu penganan dengan menggunakan nasi sisa sebagai bahan pokok. Selain itu, gendar rumahan ini terbuat dari rempah-rempah yang mudah ditemukan dengan rasa yang gurih. Kerupuk akan mengembang saat digoreng, bahkan tanpa pengembang dan renyah saat digigit. Berikut resep cara membuat kalender yang bisa Anda coba di dapur rumah Anda

Berikut resep kerupuk gendar sederhana dengan rasa gurih dan renyah saat dikunyah, dijamin bikin ketagihan. Mau tau cara membuatnya? Simak resepnya berikut ini:

Cara Membuat Gendar Dari Nasi Sisa dan Peluang Usahanya

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Kerupuk Gendar:

Bahan :

  • 100 ml air panas yang baru mendidih atau sangat panas
  • 3 sdm tepung tapioka

Bahan adonan:

  • 1/2 sdt ketumbar, sangrai dan haluskan
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 450 gram nasi hangat (1 mangkok bakso)
  • 4 siung bawang putih, haluskan

Cara Membuat Kerupuk Gendar

1. Pertama tuangkan air mendidih atau sangat panas ke dalam tepung tapioka lalu aduk hingga mengental seperti lem.

2. Kedua, masukkan adonan ke dalam nasi hangat (nasi harus hangat, jangan dingin). Setelah itu tambahkan bumbu halus, garam dan kaldu bubuk. Selanjutnya haluskan beras tersebut hingga pecah dan hancur.

3. Kemudian siapkan loyang yang sudah diolesi minyak goreng kemudian tutup plastiknya, olesi kembali minyaknya agar tidak lengket. Kemudian tuang adonan kerupuk beras ke dalam loyang, setelah semuanya masuk ratakan dan padatkan adonan gendar. Setelah itu kukus hingga matang kurang lebih selama 30 menit.

4. Setelah itu angkat dan dinginkan dulu.

5. Lalu potong kerupuk sesuai selera dengan pisau runcing dan bungkus pisau dengan plastik. Kemudian ratakan tiap bagian agar lebih tipis, setelah itu pindahkan ke nampan / nampan dan jemur di bawah sinar matahari (Jika panas terik, keringkan dari pagi hingga sore selama potongan adonan gendar dibalik saat sudah setengah kering. ).

6. Kerupuk gendar siap digoreng

Peluang Bisnis Pembuatan Kerupuk Gendar

Jenis kerupuknya sangat banyak, jadi anda bisa memilih yang anda mau. Salah satunya adalah kerupuk gendar, kerupuk yang satu ini disukai banyak orang karena rasanya yang enak dan enak. Kerupuk ini adalah kerupuk beras, itu karena kerupuk ini berasal dari beras, maka pembuatan gendarpun sangatlah mudah. Selain itu, banyaknya orang yang menyukai kerupuk gendar menjadikan peluang bisnis kerupuk gendar ini sangat menggiurkan untuk dicoba. Selain itu, jika Anda menjalankan bisnis kerupuk gendar, tidak membutuhkan banyak modal. Mari kita lihat peluang bisnis kerupuk Gendar!

1. Usaha Pembuatan Kerupuk Gendar

Padahal, penanggalan dijadikan sebagai camilan dan pendamping makan nasi. Karena kerupuk gurih ini akan membuat semua orang menyukainya. Padahal, karena rasanya yang enak, kalender mampu membuat bisnis ini berjalan dengan mudah. Ketika Anda ingin menjalankan bisnis kerupuk gendar, pastikan Anda menjalankan bisnis dengan terlebih dahulu mengetahui dan memahami cara membuat kalender, menjalankan bisnis, target pasar, bahan baku bisnis, peralatan dan lain sebagainya.

2. Target Pasar Pembuatan Kerupuk Gendar

Banyak orang menyukai kerupuk gendar ini agar target pasarnya bisa didapat dengan mudah. Selain itu, semua orang mulai dari anak-anak, remaja hingga lansia bisa menikmatinya. Dengan banyaknya target pasar akan membuat bisnis ini semakin mudah diterima masyarakat.

3. Bisnis Bahan Baku

Cara membuat gendar sangat mudah karena bahan baku kerupuk sangat mudah ditemukan. Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat kerupuk gendar adalah beras, tepung terigu, garam, bumbu halus dan lain sebagainya. Gunakan bahan yang berkualitas sehingga menghasilkan rasa yang enak dan nikmat.

4. Peralatan Bisnis

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk gendar ini cukup banyak yaitu baskom, kukusan kerupuk, oven pengering, tempat pembungkus, dan perekat plastik. Saat ini alat perekat plastik banyak beredar, kualitasnya pun bervariasi. Rumah Mesin menyediakan Perekat Plastik atau Hand Sealer dengan kualitas yang terjamin. Penggunaan mesin yang berkualitas dan memadai akan mempercepat produksi.

5. Membuat kalender

Membuat kerupuk gendar begitu mudah dan sederhana sehingga siapa pun dapat mengikutinya. Pertama, campur bahan beras dengan tepung tapioka dan bumbu yang sudah disiapkan, lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, jika sudah mencetak kerupuk menggunakan bantuan plastik. Selanjutnya, kukus kerupuk dan jemur di bawah sinar matahari jika Anda merasa kesulitan. Kemudian goreng kerupuk gendar yang sudah jadi.

6. Kemasan Produk

Tidak hanya harus memiliki rasa yang enak, Anda juga harus membuat kemasan yang menarik dan unik untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu, lampirkan nama produk dengan label unik dan belum pernah digunakan oleh produsen lain. Tujuannya agar konsumen mudah mengingatnya. Daftarkan juga produk kerupuk gendar ke BPOM agar konsumen lebih mempercayai produk tersebut. Sehingga kenikmatan dan kelezatan produk kerupuk gendar ini harus tetap dijaga.

7. Promosi Produk

Mempromosikan produk snack kerupuk gendar ini dengan berbagai cara, termasuk promosi melalui media sosial, menawarkannya kepada teman atau kerabat. Dengan proses promosi yang luas maka dapat meningkatkan angka penjualan produk. Selain itu kerupuk Gendar akan semakin dikenal oleh masyarakat luas dan pemasarannya akan semakin mudah.

8. Gendar strategi bisnis

Pelajari strategi atau cara untuk membuat bisnis Anda tumbuh besar. Misalnya dengan kemasan produk yang unik membuat kerupuk gendar semakin diminati. Bikin kerupuk gendar berkualitas dan tahan lama, kini ada berbagai cara bikin gendar di berbagai situs yang memudahkan anda berkreasi. Menjual dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang baik untuk produk kerupuk gendar ini.

Strategi penjualan cracker Gendar agar bisnis Anda cepat sukses

1. Serahkan gendars produk ke beberapa pos, sales point, warung (seperti yang dilakukan Yana) atau sub agen penjualan terutama di pasar tradisional.

2. Selain itu, sediakan titik distribusi atau kalender agen di setiap pasar tradisional besar seperti di setiap kabupaten / kota.

3. Maka pemenuhan stok barang produksi selalu siap, mengingat produksi (penanggalan) ini merupakan kebutuhan pokok masyarakat untuk kehidupan sehari-hari. Apalagi pada bulan-bulan khusus Islam seperti Sya’ban, bulan Ramadhan, dan bulan Syawal. Dalam beberapa bulan terakhir ini banyak orang yang melaksanakan khajatan, menikahkan anak dan berbagai aktivitas selama bulan ramadhan hingga puncaknya yaitu di bulan syawal untuk idul fitri, banyak orang yang membutuhkan kerupuk gendar ini. Produsen harus menyediakan stok barang sebanyak tiga kali lipat dari kebutuhan sehari-hari biasa. Kemudian berikan 50 hingga 100 Bola, dan 1 Bola seberat 4 kg untuk setiap agen.

4. Jadi setiap dua hari sekali Anda harus rutin memantau beberapa agen untuk menampung beberapa keluhan dari konsumen. Misalnya seperti masalah rasa kerupuk seperti kurang garam, rasa kurang enak dan lain sebagainya, hal seperti ini berguna untuk produksi gendar, agar lebih memperhatikan kepuasan konsumen termasuk jumlah kerupuk dari waktu ke waktu. untuk waktu.

5. Kualitas produk, bentuk dan varian produk harus selalu mengikuti permintaan pasar, karena hal ini dapat membuat perjalanan perusahaan untuk berkembang dan bertahan hingga saat ini. Persentase distribusi ke agen dan pengecer selalu diberitahukan sejak awal agar semuanya jelas dan kecil kemungkinan terjadi perselisihan di kemudian hari. Sehingga perjalanan bisnis pembuatan kalender Anda bisa berjalan harmonis, sinergis, membangun komunikasi dan saling percaya dengan kejujuran yang tulus. Selain itu, perusahaan harus selalu menggunakan strategi ekspansi dan strategi stabilitas, artinya perusahaan berusaha mencari peluang pasar baru atau konsumen baru dengan memperhatikan stabilitas kondisi perusahaan dan tingkat bisnis yang sama.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dalam membuka usaha kuliner jika kalian inggi menjalankan suatu usaha, dan kami juga memiliki bebrapa resep lainya seperti resep usus crispy, dan mohon maaf jika ada kesalahan pada artikel ini.