Membuat Pisang Goreng Coklat Renyah Dan Gurih

Posted on

pada artikel kali ini saya akan membuat bagamana caranya membuat pisang goreng coklat yang sangat enak dan juga memiliki rasa renyah gurih.

Berbicara tentang menggoreng, rasanya tidak ada habisnya. Salah satunya pisang goreng, jajanan yang satu ini memang memiliki banyak variasi. Dari satu bahan, kita bisa membuat berbagai macam jajanan yang berbeda. Seperti pisang goreng yang renyah, tekstur bagian luarnya renyah dan bagian dalamnya lembut.

Pisang goreng yang renyah sebenarnya hadir dengan banyak resep dan variasi yang kesemuanya memiliki bahan yang berbeda-beda. Seperti pada resep kami kali ini, kami akan mencoba membuat aneka pisang goreng crispy dengan topping keju coklat. Cara membuat pisang goreng crispy brown cheese kali ini relatif mudah dan cukup praktis.
Untuk mendapatkan tekstur kulit pisang goreng yang dalam, kita akan menggunakan tepung roti kasar atau tepung panir. Cara ini paling mudah dan cukup praktis, sehingga bisa kita buat di sela-sela aktivitas kita sehari-hari. Kami akan membuatkan pisang crispy yang siap digoreng, yang bisa langsung digoreng atau digoreng kapan saja.

Pembuatannya cukup sederhana dan praktis. Kami mencelupkan pisang yang sudah dikupas ke dalam campuran celup. Kemudian kami menggulungnya menjadi remah roti yang kasar hingga seluruh permukaannya tertutupi. Jadi, adonan celup ini berfungsi sebagai media perekat antara pisang dan remah roti.

Pada langkah ini, pisang renyah siap digoreng. Kita bisa menyimpannya di lemari es untuk digoreng kapan saja atau bisa langsung digoreng. Namun, dengan menyimpannya terlebih dahulu di lemari es, pisang yang renyah lebih enak dan remah roti menempel lebih kuat dan tidak cepat rontok.

Resep Membuat Pisang Goreng Coklat

Resep Pisang Goreng Coklat Keju Crispy - Lumbung Resep
Pisang yang kita butuhkan untuk membuat pisang goreng crispy tidak terbatas hanya pada satu jenis pisang saja. Kita bisa menggunakan pisang uli, pisang raja, pisang kepok, pisang nangka dan jenis pisang lainnya yang memiliki tekstur cukup padat dan tidak lembek saat digoreng. Pilih pisang yang belum terlalu matang biar hasilnya lumayan garing, karena kalo pisang udah masak hasilnya bisa lembek, kurang bagus.

Berikut bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat pisang goreng crispy. Seiring dengan langkah-langkah proses pembuatannya secara detail.

 

Bahan Membuat Pisang Goreng Coklat

  • 1 buah pisang sisir uli, bisa juga pisang kepok / pisang raja atau lainnya sesuai selera
  • 250 gr tepung roti kasar
  • banyak minyak untuk menggoreng
  • Pewarna
  • 4 sdm tepung
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 2 btr telur
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh bubuk vanila
  • air secukupnya

Bahan topping

  • Meses coklat secukupnya
  • keju cheddar parut secukupnya
  • susu kental manis secukupnya

Cara Membuat Pisang Goreng  Coklat

  1. Kupas pisang mengunakan mesin coklat, potong sesuai selera. Jika menggunakan pisang berukuran besar, Anda bisa memotong pisang menjadi 4 bagian agar lebih cepat matang. Jika suka, Anda bisa membelah pisang dan membentuknya menjadi kipas agar terlihat lebih cantik. Jika pisang sudah siap, sisihkan sebentar.
  2. Siapkan adonan celup. Kocok telur ayam hingga sedikit berbusa, lalu tambahkan tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, garam dan vanili bubuk. Aduk rata sambil menambahkan air secukupnya untuk menyesuaikan tekstur adonan. Tekstur adonan jangan terlalu encer, agar adonan bisa menempel di pisang dan tidak meleleh lagi.
  3. Celupkan pisang ke dalam adonan celup hingga seluruh permukaan tertutup. Kemudian gulingkan pisang ke dalam remah roti agar menempel di seluruh permukaan. Lakukan hal yang sama untuk sisa pisang.
    Pada titik ini sebenarnya pisang sudah bisa digoreng secara langsung, namun untuk hasil yang maksimal ada baiknya jika pisang disimpan di lemari es minimal 1 jam. Dengan begitu, remah roti menempel cukup kuat dan tidak akan terlalu banyak rontok saat digoreng.
  4. Jika sudah siap, goreng pisang renyah seperti biasa hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.
    Sajikan pisang hangat dengan taburan keju cheddar parut, meses coklat dan taburi dengan susu kental manis coklat.

itu tadi beberapa cara membuat pisang goreng coklat yang dapat kalian gunakan untuk bisnis usaha kalian dirumah. Kami juga memiliki beberapa resep lainya yaitu resep usus crispy yang dapat kalian gunakan jika kalian berminat nya. Bila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini saya mohon maaf, sampai jumpa diartikel selanjutnya