Membuat Puding Nutrijel Rasa Coklat

Posted on

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat puding coklat yang enak dan simpel. Anda bisa mencobanya di dapur favorit Anda.

Apa Itu Membuat Puding Rasa Coklat?

Puding dapat diartikan sebagai sebutan untuk suatu makanan penutup yang pada umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Arti puding juga dapat digunakan untuk berbagai jenis pai yang mengandung antara lain campuran lemak hewani, daging, atau buah yang dibakar, direbus.

Pada umumnya puding berbahan susu (yougort), tepung maizena, tapioka, atau telur disajikan setelah didinginkan terlebih dahulu. Puding seperti ini bisa memiliki rasa yang manis menggunakan perasa cokelat, karamel, vanila, atau buah.

Puding jeli dibuat dengan mencampurkan jeli dengan susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding jeli biasanya disajikan dengan saus yang disebut vla. Sekarang sudah ada tepung puding instan yang memudahkan orang dalam membuat puding karena hanya perlu mencampurkan susu atau air lalu memanaskannya di atas kompor.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis puding rasa tradisional yang menggunakan kelapa muda, gula merah, santan, dan ketan hitam, atau dengan campuran pandan hijau. Buah-buahan yang biasa digunakan untuk membuat puding antara lain: buah jeruk, sirsak, lengkeng.

Selain rasanya yang enak, puding susu juga memiliki beragam khasiat. Bagi anak-anak, puding juga dapat digunakan sebagai cara sehat mendapatkan kalsium dari susu, kandungan vitamin dan mineral, protein dan serat pada anak.

Asal Usul Membuat Puding Rasa Coklat

Saat ini puding dikenal sebagai makanan penutup yang manis dan teksturnya halus. Menurut catatan sejarah makanan, puding susu pertama yang dibuat oleh koki zaman dahulu menghasilkan makanan yang mirip sosis dengan rasa yang gurih. .

Pada abad ke-17, puding di Inggris terdiri dari dua rasa yaitu gurih karena terbuat dari daging dan manis karena terbuat dari tepung, kacang-kacangan, dan gula. Kedua puding ini biasanya direbus dalam kantong puding susu khusus. Haggis adalah contoh puding gurih karena terbuat dari jantung, hati, dan paru-paru domba yang dicampur dengan bawang, lemak, aneka bumbu, dan garam. Secara tradisional, Haggis dibungkus dalam perut hewan dan kemudian direbus selama tiga jam.

Pada abad ke-18, puding di Inggris sudah tidak lagi dibuat dari daging. Pada abad ke-19 puding masih dibuat dengan cara direbus, namun hasil akhirnya lebih seperti kue. Saat itu, puding susu secara tradisional disajikan pada perayaan natal. Puding plum atau puding natal adalah salah satu contohnya.

Puding yang dikenal saat ini sebenarnya lebih mirip puding. Sejarah puding dengan puding juga hampir sama kuno. Meskipun kedua hidangan ini berbeda, istilah puding dan puding tampaknya menyatu di Amerika abad ke-19. Custard sendiri mengacu pada hidangan Romawi kuno yang dibuat dengan telur. Bangsa Romawi kuno ahli dalam membuat berbagai hidangan seperti telur, seperti telur dadar atau kue kering.

Para ahli sejarah makanan pada umumnya sepakat bahwa puding susu yang dikenal sebagai puding susu pada saat ini ditemukan sejak sekitar Abad Pertengahan. Saat itu custard bisa langsung dimakan atau bisa dijadikan isian pie, tart, atau roti.

Kemungkinan besar, flan adalah puding atau puding yang paling terkenal dan diadaptasi secara luas di seluruh dunia. Masakan Inggris ini terbuat dari kue bolu berbentuk bola yang diisi dengan isian manis atau gurih, dll. Di Spanyol dan Perancis, flan dikenal dengan nama creme caramel yang rasanya manis karena lapisan karamelnya yang lembut di atasnya.

Dengan kemajuan jaman sekarang, tampilan puding tidak hanya disajikan polos. Untuk saat ini puddingnya sudah mulai divariasikan dengan tambahan bahan pengisi atau dibentuk dan dilapisi agar lebih menarik saat disajikan. Begitu pula dengan hasil akhir yang ditambah topping, membuat hasil puding semakin menarik.

Cara Membuat Puding Susu Coklat yang Enak dan Sederhana.

Resep dan Cara Membuat Puding Rasa  Coklat

Resep Membuat Puding Rasa Coklat

Bahan untuk Membuat Puding Rasa Coklat :

• 100 ml susu kental manis putih

• 100 ml coklat susu kental manis

• 1 bungkus gelatin putih

• 1 bungkus coklat

• 50 gram bubuk kakao

• 1.600 ml air rebusan

• Gula untuk dicicip

Cara Membuat Puding Rasa Coklat:

  1. Langkah pertama, buat lapisan puding coklat terlebih dahulu. Untuk itu siapkan wajan dan tambahkan susu kental manis pada coklat, gelatin coklat, coklat bubuk, dan gula pasir yang bisa anda sesuaikan dengan selera.
  2. Selanjutnya tuangkan 4 gelas air dan aduk mengunaka mesin coklat  hingga rata.
  3. Sambil terus diaduk, tunggu adonan puding coklat mendidih dan pastikan semua bahan larut dan tidak ada gumpalan. Setelah sedikit berbusa, matikan api lalu diamkan sebentar
  4. Setelah uap panasnya hilang, langkah selanjutnya adalah menuangkan puding cokelat susu kental manis ke dalam cetakan.
  5. Kemudian, sambil menunggu lapisan puding cokelat menggumpal, Anda bisa membuat lapisan puding putih tersebut. Caranya, siapkan wajan terlebih dahulu, lalu tambahkan susu kental manis putih, gelatin putih, dan gula pasir sesuai selera. Isi panci dengan 4 gelas air lalu aduk hingga merata.
  6. Seperti halnya puding coklat, didihkan adonan puding putih dengan cara diaduk terus menerus. Jika sudah berbuih, matikan api dan tunggu uap panasnya menghilang.
  7. Langkah selanjutnya, saat puding cokelat sudah padat dan menggumpal, tuangkan puding putih dingin di atas lapisan puding cokelat.
  8. Terakhir, tunggu dua lapisan menjadi dingin. Jika sudah, masukkan ke dalam lemari es atau freezer agar proses penggumpalan bisa lebih cepat.
  9. Untuk penyajian puding coklat susu kental manis bisa ditambahkan dengan berbagai macam topping sesuai selera. Beberapa topping yang tepat untuk camilan ini antara lain berbagai rasa whipped cream, buah-buahan seperti ceri atau anggur, bahkan Oreo.

Manfaat Membuat Puding Rasa Coklat

1. Pencernaan yang Lancar

Serat yang terdapat pada puding sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Salah satu fungsi serat adalah membersihkan usus dengan cara mempercepat metabolisme. Dengan berjalannya lancarnya metabolisme tubuh akan menjadi lebih sehat.

2. Sebagai Diet Makanan

Selain bisa membersihkan usus, serat yang terkandung dalam puding juga bisa menahan rasa lapar. Kandungan serat dalam puding memang mengenyangkan namun tidak membuat Anda gemuk. Sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalankan program diet.

3. Pencegahan Kanker dan Kardiovaskular

Rumput laut dikenal kaya akan khasiat, salah satunya adalah mencegah penyakit kanker. Karena itu, puding bagus untuk mencegah penyakit kanker. Selain itu, rumput laut juga bermanfaat untuk menyerap garam berlebih dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

4. Antioksidan

Ekstrak rumput laut yang terkandung dalam puding dapat berfungsi sebagai antioksidan selain itu kandungan crolofil pada rumput laut dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh kita.

Demikian artikel saya tentang Cara Membuat Puding Rasa Coklat. Puding cocok dengan pancake dan kami juga memikili beberapa resep lainya yaitu resep usus crispy yang juga dapat kalian buat juga dirumah. Anda bisa membuatnya di rumah dan menyajikannya untuk keluarga Anda. Selamat mencobanya.