Membuat Tempe Orek Kering Ala Rumahan

Posted on

Pada artikel kali ini saya akan membuat beberapa resep tempe orek kering ala rumahan yang dapat kalian coba dirumah.Nama tempe mungkin sudah tidak terdengar lagi di telinga Anda. Tempe merupakan salah satu jenis makanan berbahan dasar kedelai yang mengandung protein sangat tinggi. Tempe juga sangat populer di luar negeri bahkan luar negeri. Biasanya tempe dijadikan sebagai lauk dalam menikmati makanan. Cara mengolah tempe ada bermacam-macam, salah satunya dengan bumbu kemarau. Tempe dengan bumbu kemarau sering disebut dengan tempe kering. Tempe kering ini sangat disukai semua orang. Karena rasa tempe kering sangat enak. Biasanya tempe kering ditemukan di berbagai warung dan rumah makan. Tempe kering memang sangat cocok dijadikan lauk saat menikmati sajian nasi putih yang masih hangat. Selain tempe ini memiliki rasa yang enak, kerenyahan dan kelezatannya juga sangat menggiurkan bagi semua orang. Tempe kering dibuat dengan bahan baku tempe yang dicincang kemudian digoreng dan dibumbui dengan bumbu yang bervariasi sehingga memiliki cita rasa tersendiri. Tempe kering juga sering dijadikan makanan pendamping saat ada acara-acara tertentu, misalnya syukuran, khitanan atau acara lainnya. Penggemar tempe kering ini banyak sekali, mulai dari remaja hingga dewasa. Tingginya permintaan pengolahan tempe kering menjadikan peluang usaha tempe kering cukup menguntungkan. Dengan menjalankan bisnis tempe kering memang bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda. Bisnis tempe kering memang merupakan bisnis yang mudah untuk dilakukan dan dikembangkan. Meski begitu, tidak heran jika saat ini banyak orang yang memanfaatkan usaha tersebut dengan mengolah tempe kering sebagai kegiatan usaha yang mereka jalankan. Pilihan terjun langsung ke bisnis membuat tempe kering memang menjadi pilihan yang tepat dan menjanjikan untuk dijalankan. Jika anda ingin mencoba terjun ke bisnis dengan mengolah tempe kering, disini kami juga akan memberikan contoh resep cara mengolah tempe kering yang bisa anda coba buat sendiri di rumah. Nah, mungkin bagi anda yang ingin mengetahui cara mengolah tempe kering dengan jelas, silahkan simak resep yang kami sediakan di bawah ini.

Membuat Resep Tempe Orek Kering

Bahan-bahan Resep Tempe Orek Kering:

  • 500 gram tempe, potong kecil-kecil
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 3 buah cabai merah besar, potong kecil-kecil
  • 2 cm lengkuas memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 70 gram kacang tolo, rendam dalam air mendidih hingga 1 jam
  • 60 mililiter air asam
  • Penyedap secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • 1/4 gram minyak sayur atau minyak goreng

Bahan Halus Resep Tempe Orek Kering :

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 70 gram cabai rawit
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 2 butir kemiri sangrai

Cara Membuat Resep Tempe Orek  Kering :

  1. Goreng tempe yang sudah dipotong kecil-kecil hingga kering, lalu angkat dan tiriskan.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan tuangkan sedikit minyak, tunggu hingga mengeluarkan aroma yang menyenangkan.
  3. Tambahkan daun salam, lengkuas tumbuk, dan jeruk purut, lalu aduk hingga layu
  4. Tambahkan tempe goreng dan kacang polong yang sudah direndam air mendidih
  5. Masukkan penyedap rasa, gula merah, garam, dan air asam, lalu aduk hingga bumbu tercampur rata dan tunggu hingga mengental.
  6. Angkat tempe yang mengental dan tempe kering siap disajikan mengunakan bukusan plastik mengunakan handsaeler.

Di atas itulah cara membuat tempe kering yang sangat mudah Anda coba sendiri di rumah. Bagaimana tanggapan Anda setelah mengetahui betapa mudahnya membuat tempe kering di atas? Apakah Anda tertarik untuk dijadikan sebagai kegiatan bisnis yang menguntungkan? Tempe kering memiliki potensi bisnis yang cerah untuk dikembangkan dan kami juga memiliki beberapa resep lainya antara lain adalah resep usus crispy yang bisa kalian coba.
Demikian informasi review mengenai membuat resep tempe orek kering  yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan bermanfaat untuk anda dan juga dapat menjadikan bisnis tempe kering yang sedang anda jalankan dapat berjalan dengan lancar.