7 Tips Efektif Menjernihkan Minyak Goreng Hitam Dengan Mudah

Posted on

Tahukah Anda cara menjernhkan minyak goreng hitam? Setiap orang pasti selalu menggunakan minyak untuk memasak, karena minyak merupakan bahan pokok penting di setiap dapur. Namun karena minyak goreng sangat banyak digunakan, maka jika digunakan terus menerus akan menjadi hitam dan kotor.

Kebanyakan orang membuang minyak goreng bekasnya, walaupun baru digunakan 1 kali namun sayang sekali jika dibuang, karena masih bisa dipakai 1 atau 2 kali.

Minyak goreng hitam sendiri merupakan minyak yang digunakan untuk menggoreng atau memasak lebih dari satu kali sehingga akan berubah warna menjadi hitam dan kotor. Lalu, bagaimana cara menjernihkan minyak goreng hitam agar bisa digunakan kembali?

Maka Anda harus memperhatikan artikel Tips Menjernihkan Minyak Goreng Hitam dengan seksama ya.. Untuk lebih jelasnya, berikut 7 tips dan cara menjernihkan minyak goreng hitam yang bisa anda lakukan di rumah..

Baca Juga : Ketahui Macam Macam Minyak Zaitun dan Manfaatnya

7 Tips dan Cara Menjernihkan Minyak Goreng Hitam

1. Mendiamkan dan Mengendapkan Semalaman

7 Tips Efektif Menjernihkan Minyak Goreng Hitam Dengan Mudah

Tips yang paling mudah dan sederhana yang pertama yaitu mendiamkan dan mengendapkannya selama semalaman. Ternyata cara ini sangat efektif dan efisien untuk mengubah minyak goreng hitam menjadi jernih kembali.

Biasanya saat kita selesai menggoreng makanan dengan bahan tepung, maka sisa-sisa dari tepung tersebut akan tercampur dalam minyak. Maka dari itu dengan cara ini maka sisa-sisa kotoran tersebut akan mengendap dibawah. Kemudian anda dapat menyaringnya dan menggunakan kembali untuk memasak.

2. Menggunakan Nasi | Cara Menjernihkan Minyak Goreng Hitam

7 Tips Efektif Menjernihkan Minyak Goreng Hitam Dengan Mudah

Jika ingin menggunakan minyak goreng hitam agar lebih bening bisa menggunakan nasi putih. Cara ini sangat mudah dan mudah untuk dipraktekkan, namun Anda tetap harus berhati-hati.

Setelah selesai menggoreng, diamkan minyak goreng bekas hingga tidak terlalu panas. Kemudian ambil beberapa nasi putih dan kepal-kepal di tangan sampai mengeras.

Kemudian segera masukkan kepalan nasi tersebut dalam minyak goreng bekas. Tekan nasi bolak-balik sambil menekan nasi agar kotoran dan remah-remah pada gorengan menempel pada nasi. Setelah minyak jernih, Anda dapat menggunakannya kembali. Sangat mudah dan efektif bukan?..

3. Menggunakan Kentang | Menjernihkan Minyak Goreng Hitam

7 Tips Efektif Menjernihkan Minyak Goreng Hitam Dengan Mudah

Tips selanjutnya adalah anda dapat menggunakan kentang. Didalam kentang ternyata dapat menyaring kotoran pada minyak goreng bekas menggoreng. Jika penasaran caranya? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Siapkan beberapa kentang
  • Kemudian kupas kulit kentang dan potong menjadi 5 -6 bagian.
  • Lalu masukkan ke dalam minyak goreng bekas menggoreng atau minyak panas bekas.
  • Setelah itu, Anda bisa membalikkan kentang sampai kotoran menempel dan minyaknya kembali jernih.

4. Menyaring dengan Kulit Pisang

Setelah mengupas kulit pisang, ada baiknya jangan langsung dibuang kulitnya. Karena kulit pisang yang sudah matang, memiliki kandungan karbon tinggi, sehingga dapat menyerap kotoran. Cara menjernihkan minyak goreng hitam bekas menggoreng  dapat anda perhatikan hal-hal berikut ini.

  • Kumpulkan kulit pisang secukupnya.
  • Potong menjadi 3 sampai 4 bagian.
  • Masukkan kulit pisang yang sudah dipotong kedalam saringan.
  • Lalu tuangkan minyak goreng bekas ke dalam saringan.
  • Letakkan saringan di tepi wadah dan biarkan kulit pisang perlahan menyerap kotoran dari minyak goreng tersebut.
  • Jika dirasa sudah jernih. Lalu sisihkan kulit pisang dan minyak dapat digunakan kembali.

5. Menggunakan Arang

Apa kamu tahu ternyata Arang dapat digunakan untuk menjernihkan minyak goreng yang telah menghitam? Arang  merupakan sisa-sisa kayu hitam yang terbakar. Arang berkhasiat dapat menyerap kotoran dan residu, dan juga efektif untuk menjernihkan minyak goreng bekas. Yuk simak langkah-langkah berikut ini :

  • Siapkan arang secukupnya. Lalu hancurkan.
  • Pastikan aarang tersebut hancur dan menjadi bubuk.
  • Tuangkan 2 genggam kecil bubuk arang ke dalam 1 liter minyak goreng bekas yang menghitam.
  • Aduk hingga merata dan tunggu beberapa saat hingga minyak menjadi bening dan transparan.
  • Selanjutnya silahkan saring minyak agar terpisah dengan arang.

6. Menggunakan Serai untuk Menghilangkan Bau

Dalam minyak goreng bekas pasti tidak hanya keruh dan kotor, terkadang juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Maka tips untuk menghilangkan bau tersebut, anda dapat menggunakan serai.

Caranya sangat gampang dan mudah, yaitu dengan menghancurkan batang serai, lalu masukkan ke dalam minyak jelantah selama 2 jam, dan panaskan minyak kembali.

7. Jangan Menyimpan di Dalam Kulkas

Cara Menyaring Minyak Jelantah

Menyimpan minyak goreng bekas di lemari es justru akan mengendapkan zat didalamnya. Jika sudah mengendap, minyak jelantah tidak dapat digunakan kembali karena bisa membahayakan.

Untuk menjaga kualitas minyak goreng, Jauhkan lah dari paparan sinar matahari langsung. Dan simpanlah di tempat yang sejuk dan tertutup, seperti lemari dapur. Atau menggunakan wadah yang gelap tidak tembus cahaya agar aman.

Itulah beberapa cara menyaring minyak bekas menggoreng sehingga tidak bau dan jernih kembali. Selain itu anda dapat menggunakanya kembali 2-3 kali lagi. Untuk mengetahui informasi dan tips-tips yang lainnya anda dapat melihat disini ya !

Semoga bermanfaat yaa.. Yuk coba dirumah kalian masing-masing. Semoga berhasil yaa 🙂