otak otak udang kelapa

Posted on

Otak-otak udang menjadi salah satu camilan yang sering sekali dibuat untuk camilan karena rasa gurih dan enak. Tidak hanya bisa dipanggang atau direbus, namun proses pengolahan otak-otak udang juga dapat digoreng. Penasaran dengan resep dan otak otak udang kelapa .

Otak-otak merupakan salah satu jajanan sederhana dan murah yang banyak digemari semua orang. Biasanya, otak-otak ini dibuat dengan bahan utama ikan, seperti ikan tenggiri.

Otak-otak udang goreng dapat menjadi menu camilan ketika sedang berkumpul bersama keluarga di rumah. Tidak hanya renyah, namun menu ini tak kalah enak dengan otak-otak yang terbuat dari daging ikan tenggiri. Simak juga resep ayam tepung yang ajib

Penasaran dengan resep dan cara membuat otak-otak udang goreng? Tak perlu khawatir karena kali ini telah merangkumnya secara detail.

Catat agar bisa diterapkan sendiri di rumah yuk, Teman!

Cara Membuat Otak otak Udang Kelapa

cara membuat otak otak udang

1. Resep Otak – otak Udang

Bahan – bahan :

  • 500 gr Udang Kupas
  • 200 gr Tepung Tapioka
  • 40 gr Tepung Terigu
  • 2 Butir Telur
  • 6 Siung Bawang Merah
  • 5 Siung Bawang Putih
  • Daun Bawang 2 Batang
  • 2 sdt Gula
  • Garam atau Penyedap rasa 2 sdt
  • 1 sdt Lada
  • Kaldu Jamur

Cara Membuat Resep Otak – otak Udang :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Blender udang, bawang merah, bawang putih, garam, gula, kaldu jamur, lada, telur
  3. Campurkan adonan yang telah diblender kemudian tambahkan tepung terigu dan daun bawang kemudian uleni hingga adonan menjadi kalis
  4. Kemudian itu ambil adonan sedikit demi sedikit kemudian bentuk melintang atau sesuai selera
  5. Setelah selesai dibentuk, siapkan air hingga mendidih, dan rebus otak – otak hingga mengapung
  6. Kemudian mengapung rendam otak – otak di dalam air es
  7. Setelah direndam kurang lebih 15 menit, setelah itu goreng otak – otak atau bisa juga disimpan di kulkas tapi sebelumnya press dulu menggunakan mesin vacuum sealer 
  8. Jika memilih digoreng, goreng otak – otak hingga berwarna kuning kecokelatan

1. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang menjalani diet tinggi protein untuk menurunkan berat badan, Anda bisa memanfaatkan udang untuk sumber bahan makanan untuk program diet ini.

Selain tinggi protein, udang juga memiliki kandungan vitamin D dan zat besi yang meningkatkan leptin dalam tubuh. Dengan meningkatkan kadar hormon leptin dalam tubuh Anda, hal ini sekaligus dapat menurunkan rasa lapar dan nafsu makan.

Kandungan yodium tinggi pada udang juga dapat berinteraksi dengan kelenjar tiroid untuk mempercepat aktivitasnya. Hal ini dapat membantu upaya Anda untuk menurunkan berat badan, sekaligus menghindari berbagai penyakit, seperti gondok dan gangguan autoimun.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Udang memiliki senyawa karotenoid yang disebut astaxanthin dan memiliki sifat antioksidan kuat. Jurnal Marine Drugs menjelaskan bahwa astaxanthin memiliki sifat anti-inflamasi yang dengan demikian berpotensi sebagai agen terapeutik pada penyakit kardiovaskular.

Kandungan asam lemak omega-3 tinggi pada udang juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mencegah plak pada pembuluh darah. Hal ini selanjutnya dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

3. Mencegah efek penuaan dini

Antioksidan kuat yang dapat Anda temukan pada udang, seperti astaxanthin ternyata memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh.

Astaxanthin bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit terkait dengan sinar matahari dan UVA. Kedua hal ini merupakan penyebab utama Anda mengalami keriput, bintik-bintik, dan kulit terbakar matahari (sunburn).

Anda bisa menambahkan udang dalam makanan harian atau mingguan. Kandungan nutrisi dalam udang dapat membantu mempercantik kulit dan menghilangkan wajah usang apabila Anda mengonsumsinya secara rutin.

Demikian informasi singkat mengenai otak otak udang kelapa yang perlu Anda ketahui, karena ini merupakan langkah awal Anda dalam memulai, dan semoga ini bisa menjadi referensi untuk Anda. Terima kasih