Resep Olahan Ikan Asap Santan

Posted on

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang resep ikan asap santan. Tahukah Anda ikan asap? pertimbangkan yang berikut ini.

1. Pengertian

Ikan asap diawetkan dengan cara diasapi. Salmon biasanya diasapi untuk membuat lox, dan beberapa spesies ikan seperti bandeng, hering, maceler, mackerel, mackerel, dan gabus juga biasa diasapi panas. Ikan asap ditemukan dalam masakan Rusia, Yahudi, Indonesia, dan Skandinavia, serta di Eropa Timur dan Tengah.

2. Sejarah Resep  Ikan Asap Santan

Ikan asap sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Dikatakan bahwa itu terjadi secara tidak sengaja. Saat itu sebagian besar masyarakat mengawetkan daging dan ikan dengan cara menjemurnya di bawah terik matahari.

Namun saat musim hujan dan musim dingin datang masyarakat mengering dengan bantuan api di bawah kompor di dapur, sehingga efek asap tidak bisa dihindari.

Ada juga versi lain yaitu pada zaman batu orang mengolah makanannya termasuk ikan dengan cara yang sangat sederhana yaitu dibakar atau dibakar di atas api sebelum dimakan. Tentu saja efek asap juga tidak bisa dihindari.

Karena dari pengolahannya, makanan tersebut memiliki rasa berasap dan warna kecoklatan. Aroma asapnya ternyata disukai masyarakat dan tekstur ikan asap menjadi lebih enak dan ikan lebih awet.

Sejak saat itu merokok mulai berkembang dan teknik merokok tidak banyak berubah.

3. Kandungan Gizi Resep Ikan Asap Santan

Omega 3

Kandungan docosahexanoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) terdapat pada daging ikan, zat ini sangat bermanfaat untuk perkembangan sel otak yang berguna untuk kecerdasan dan untuk mengasah penglihatan pada mata.

Protein

Protein merupakan bahan penyusun yang sejajar dengan daging, lebih mudah dicerna, lebih dekat dengan asam amino dalam tubuh manusia, mengandung asam amino terlengkap terutama lisin dan theroin.

Vitamin

Vitamin A: sebagai antioksidan, menyehatkan mata, Vitamin D: untuk metabolisme kalsium dan pertumbuhan tulang, Vitamin B6: sebagai metabolisme asam amino dan lemak, mencegah anemia dan kerusakan saraf, Vitamin B12: pembentukan sel darah merah, metabolisme lemak, melindungi hati.

Mineral

Zat Besi: Pembentukan sel darah merah, Yodium: kesehatan tiroid, mencegah penyakit gondok, Selenium: Antioksidan, Zinc: membantu kerja enzim dan hormon, Fluor: kesehatan gizi.

Bio Active

Komposisi nutrisi yang sangat baik untuk memperkuat vitalitas tubuh

Asam Lemak Tak Jenuh

Mengandung High Density Lipoprotein (HDL) / kolesterol baik yang dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Cara Membuat Ikan Asap Santan

Aneka Olahan Ikan Asap – Enak

 Resep Ikan Asap Santan

Bahan:

5 potong ikan asap (goreng)
1 buah terong hijau
5 buah tahu kuning, potong menjadi 2 bagian
2 pete oval
5 buah cabai iblis (potong miring / uleg sesuai selera)
1 batang serai geprek
2 cm lengkuas geprek
2 lmbar daun jeruk
secukupnya Garam
Daun salam 2 lmbar
untuk mencicipi Gula
2 buah santan kemasan
sebagai penyedap rasa
Air, minyak goreng

Bumbu halus :

6 bawang merah
4 bawang putih
2 ruas kunyit
Kencur 1 cm
3 butir kemiri

Resep Ikan Asap Santan:

  1. Masukan ikan kedalam mesin pengasap ikan dan goreng secukupnya lalu tambahkan bumbu halus, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, tumis hingga layu dan harum.
  2. Tambahkan air, santan, lalu bumbui dengan garam, gula pasir, penyedap rasa sesuai selera.
  3. lalu masak sampai mendidih
  4. Kemudian tambahkan terong, tahu, ikan asap, dan pisang. Perbaiki rasanya. Masak hingga bumbu meresap dan benar-benar matang. Setelah matang, tambahkan bawang goreng jika perlu.

Demikian dari resep ikan asap santan yang dapat kalian coba dirumah dan saya sarankan agar kalian mengunakan mesin lemari asap untuk pengolahan ikan asap. Jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf. sampai bertemu diartikel selanjutnya.