Sebutkan Jenis-Jenis Kertas dan Fungsinya (TERLENGKAP)

Posted on

Sebutkan Jenis-Jenis Kertas dan Fungsinya! Mau tau jenis-jenis kertas apa? Temukan informasi berbagai jenis kertas beserta manfaatnya, termasuk anak-anak, dan fungsinya masing-masing di sini. Berikut ulasan lengkapnya.
Hampir tidak ada orang yang tidak tahu apa itu kertas. Hal ini dikarenakan kertas sangat banyak jenisnya dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kira-kira di dunia percetakan, ada berapa jenis kertas yang umum digunakan? Apa saja jenis, ciri, dan fungsi atau kegunaan dari masing-masing kertas? Temukan info tentang berbagai jenis kertas dan kegunaannya, termasuk jenis, batas, dan fungsinya di sini.

Berikut ini jenis-jenis kertas yang akan diulas pada artikel ini secara lengkap :

Jenis-jenis Kertas dan Fungsinya

  1. Kertas HVS
  2. Kertas Art/Matte paper
  3. Art Carton
  4. Kertas Koran
  5. Kertas Duplex
  6. Kertas CWb/Duplex Putih
  7. Kertas Ivory
  8. Kertas NCR
  9. Kertas Doorslag
  10. Kertas Samson/Samson Kraft
  11. Corrugated Paper
  12. Kertas Stiker (Vinyl Sticker)
  13. Kertas Kalkir
  14. Fancy Paper
  15. Kertas Manila (BC)
  16. Kertas Blues White
  17. Kertas Asturo
  18. Kertas Jasmine
  19. Yellow Board Paper

Baca Juga : Cara Membuat Bubur Kertas Menjadi Kertas Baru

Sebutkan Jenis-Jenis Kertas dan Fungsinya! Yuk Simak, 19 Jenis Kertas!

sebutkan jenis-jenis kertas

1. Kertas HVS

HVS merupakan nama kertas yang paling sering digunakan dalam percetakan terutama di kantor dan sekolah.
Berikut ini adalah singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier (Belanda), artinya kertas tulis bebas serat kayu.

Nama ini karena tidak mengandung lignin (perekat antar serat kayu) pada pulpnya.
Penggunaan kertas HVS adalah untuk pencetakan dokumen kantor umum. memiliki berbagai ukuran dari A5, B5, A4, dan seterusnya hingga ukuran besar (65 x 100 cm).

Dalam gramasi, biasanya ada 3 yang sering digunakan:

  • 70 gsm, untuk mencetak dokumen biasa
  • 80 gsm, untuk dokumen penting seperti skripsi, makalah, dan dokumen kantor lainnya.
  • 100 gsm, untuk dokumen presentasi yang perlu mencetak grafik dan gambar yang lebih baik.

2. Kertas Art/Matte paper

Pernahkah Anda memiliki kertas yang halus, berkilau, dan menampilkan hasil cetakan dengan warna yang bagus?
Ya, sangat cocok dengan Art paper. Kegunaan Art paper adalah untuk mencetak flyer, brosur, pamflet, dan sejenisnya. Karena memiliki permukaan semi matte dan raster yang halus.

3. Art Carton

Art Carton memiliki karakteristik yang mirip dengan Art paper, dan hanya berbeda dalam tata bahasanya.
Jika Art paper memiliki gramasi 150 gsm atau kurang, maka Art carton memiliki gramasi 190 gsm atau lebih.
Karena sifatnya yang mirip, penggunaan Art carton juga untuk keperluan printing, tapi yang butuh ketebalan lebih. Contoh: undangan, kalender meja, dan sebagainya.

4. Kertas Koran | Sebutkan Jenis-Jenis Kertas

Sering disebut kertas buram, kertas koran memiliki tampilan gelap (abu-abu) dan butiran agak kasar.
Gramasinya sangat kecil, di bawah 50 gsm. Penggunaan kertas koran adalah untuk pencetakan yang menanggung biaya (seperti koran, buletin, dll.), Draf, atau orat-oret khusus.

5. Kertas Dupleks

Pernahkah Anda melihat kotak makanan yang bertuliskan “Nikmati”? Jenis kertas yang digunakan untuk ini adalah kertas dupleks.

Kertas duplex memiliki ciri khas dimana satu sisi berwarna putih bersih, sisi lainnya berwarna abu-abu gelap. Sisi putih biasanya untuk permukaan yang akan dicetak, sedangkan sisi abu-abu untuk permukaan.
Penggunaan kertas duplex untuk kotak makanan, seperti martabak, pizza, atau jajanan pada saat acara komunitas.

6. Kertas CWb / Duplex Putih

Memiliki karakteristik yang sama dengan kertas duplex, CWb hanya membedakan warna kedua sisinya yang sama-sama putih.

Penggunaan kertas CWb juga untuk kotak makanan, agar memberikan kesan lebih bersih dan elegan. Selembar kertas Duplex atau white duplex dari jenis kertas ini memiliki grading level 250 – 400 gsm.

Baca Juga : Cara Membuat Bubur Kertas Menjadi Kertas Baru

7. Kertas Ivory |Sebutkan Jenis-Jenis Kertas

Jenis selanjutnya yaitu Kertas Ivory adalah kombinasi antara kertas dupleks dan kertas Art. Ini memiliki serat dan ketebalan kertas dupleks serta kemewahan kertas Art.

Sama seperti Art paper, permukaan kertas Ivory memiliki finishing glossy dan matte. Hanya saja kertas Ivory lebih tebal dan kuat sehingga sering digunakan sebagai kemasan box yang elegan.

Penggunaan kertas Ivory adalah untuk kotak kemasan kosmetik atau barang mewah yang perlu dicetak full color pada salah satu sisinya.

8. Kertas NCR

NCR berarti non-karbon diperlukan, yang berarti kertas yang tidak memerlukan karbon untuk mencetak duplikat.
Hal ini karena kertas dilengkapi dengan mikrokapsul yang dapat pecah dan membentuk pola saat berada di bawah tekanan.

Penggunaan praktisnya memiliki 3 eksemplar kertas yang tidak dapat dipertukarkan secara berurutan. Kegunaan kertas NCR adalah untuk nota, kwitansi, invoice, atau invoice yang berfungsi sebagai bukti transaksi.

9. Kertas Doorslag

Seperti NCR, penggunaan kertas Doorslag juga untuk membuat duplikat catatan sebagai bukti transaksi.
Penggunaan kertas Doorslag membutuhkan kertas karbon sebagai alat pemindah tekanan. Karena fitur kertas Doorslag yang tipis dan murah, kertas ini sering digunakan sebagai alternatif kertas NCR.

Namun karena ketipisannya membuat sulit untuk dicetak dan diarsipkan (mudah rusak). Ini telah mempercepat lambatnya respons lahan dan perubahan ke NCR.

10. Samson Paper / Samson Kraft

Kertas samson memiliki tekstur agak kasar dengan warna kayu coklat klasik. Keunikan ini membuat kertas Samson sering digunakan sebagai bahan kraft atau kerajinan tangan.
Selain itu, kertas Samson digunakan sebagai kantong kertas, pembungkus kado, dan sampul buku.

11. Kertas Corrugated | Sebutkan Jenis-Jenis Kertas

Corrugated artinya bergelombang. Seperti namanya, bagian dalam kertas ini bergelombang sehingga kertas lebih kuat terhadap tekanan.

Dikenal sebagai kertas karton, penggunaan kertas ini adalah untuk pengemasan dan penyimpanan. Seperti kardus mie instan, kardus air mineral, dan sejenisnya. Ada juga yang menggunakan kertas ini sebagai berbagai bahan kerajinan tangan.

12. Stiker Kertas (Stiker Vinyl)

Kertas stiker terbuat dari vinyl (plastik) yang mengkilap di satu sisi dan berperekat di sisi lain. Biasanya dipasangkan dengan kertas matte sehingga bisa ditarik keluar saat menempel.

Vinyl ini fleksibel dan kedap udara (karena terbuat dari plastik) dan tidak mudah sobek. Untuk mencetak stiker yang diinginkan, diperlukan tinta dan alat khusus yang berbeda dengan mesin cetak biasa.
Penggunaan kertas vinyl adalah untuk mencetak stiker, label dan alat promosi luar ruangan lainnya.

13. Kertas Kalkir| Sebutkan Jenis-Jenis Kertas

Kertas kalkir sering disebut sebagai kertas minyak (bukan kertas minyak kosmetik). Ini memiliki permukaan transparan, tipis, abu-abu. Penggunaan kertas kalkir untuk media desain, gambar, maupun untuk sablon.

14. Kertas Fancy |Sebutkan Jenis-Jenis Kertas

Seperti namanya, kertas fancy memiliki tampilan yang mewah dengan pola dan tekstur grain yang unik. Dari ketebalan dan teksturnya, biasanya ada tiga jenis kertas fancy yang dibedakan: Hammer, Tulive, dan Concorde.

Penggunaan fancy paper sebagai bahan cetakan undangan, sertifikat, dan lain-lain yang memberikan kesan mewah dan penting.

15. Kertas Manila (BC)

Kertas Manila atau BC (Brief Card) memiliki tekstur yang agak kasar dan kaku dengan berbagai warna.
Awalnya kertas SM banyak digunakan di sekolah-sekolah sebagai bahan cetak.

Namun, sekarang penggunaan kertas manila lebih banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kartu pencatatan lokal.

16. Blues White | Sebutkan Jenis-Jenis Kertas

Kertas Blues White atau BW memiliki tekstur seperti kertas manila, namun lebih padat dan kuat. Sama seperti BC, BW juga memiliki warna yang beragam.

Kelebihannya, kertas BW lebih baik dalam menampilkan hasil cetakan. Oleh karena itu, penggunaan kertas BW sebagai pengganti kertas manila, dengan efek pencetakan yang lebih baik.

17. Kertas Asturo

Selanjutnya adalah Kertas Asturo, memiliki karakteristik yang mirip dengan kertas BW, namun lebih kaku dan kuat. Setiap kertas terdiri dari 2 warna, putih di satu sisi, dan warna lain di sisi lain. Beberapa daerah mungkin menyebutnya sebagai kertas omega.

Kegunaan Kertas Asturo relatif lebih baik bila digunakan untuk mencetak dibandingkan kertas manila. Oleh karena itu, penggunaan kertas asturo adalah sebagai bahan cetak, kerajinan tangan, dan penjilidan sampul.

18. Kertas Jasmine

Kemudian Kertas Jasmine, memiliki permukaan yang halus dengan finishing glossy yang sangat elegan. Adanya glitter pada permukaan kertas ini membuatnya terlihat mewah dan keren. Penggunaan kertas melati ibarat kertas fancy, sebagai bahan cetak undangan, sertifikat, dan lain-lain

19. Kertas Papan Kuning

Kertas karton kuning memiliki tekstur yang halus dan sangat tebal. Teksturnya yang unik menjadikannya pencetakan non-offset. Kalau mau, perlu dilapisi dengan duplex atau Art paper. Penggunaan kertas karton kuning adalah untuk mencetak undangan VIP hard cover.

Nah itulah ulasan mengenai sebutkan jenis-jenis kertas dan kegunaannya dalam dunia percetakan. Jika ada yang kurang bisa kamu selesaikan di kolom komentar. Siapa tahu ada yang membutuhkan informasi tentang jenis kertas ini dan kegunaannya.

Baca Juga : Tips Memilih Buku Agenda Sesuai Kebutuhan