Simak 5 Strategi Pemasaran yang Efektif dan Efisien!

Saat perusahaan memiliki sebuah produk, strategi yang wajib dilakukan adalah strategi melakukan pemasaran yang tujuannya agar produk tersebut lebih dikenal oleh masyarakat. Namun ketika melakukan strategi ini diperlukan efisiensi dan efektivitas yang disesuaikan dengan target.

Strategi pemasaran di era ini telah didukung oleh beberapa teknologi yang berfungsi untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan pengeluaran. Walaupun begitu strategi ketika memasarkan sebuah produk ini diperlukan keterampilan dan keahlian agar dapat menarik konsumen.

Perusahaan-perusahaan pasti memiliki cirinya masing-masing ketika melakukan strategi pemasaran agar produknya lebih efisien. Kamu dapat mencermati beberapa hal saat melakukan strategi pemasaran yaitu.

1. Melakukan digital marketing

Di era digital seperti sekarang ini digital marketing merupakan strategi pemasaran yang sedang tren digunakan oleh perusahaan, karena penggunaan digital marketing ini mengeluarkan cost yang tidak banyak tapi bisa menjangkau konsumen dengan pasar yang lebih luas.

Salah satu strategi digital marketing yang digunakan adalah SEO (Search Engine Optimization) ataupun menggunakan Social Media Marketing, penggunaan kedua hal ini tergantung pada jenis produknya. SEO berguna agar produk kamu bisa ditemukan di halaman pertama Google sementara SMM digunakan untuk menjangkau konsumen di sosial media.

2. Menentukan pasar

Ketika berbicara tentang pemasaran, kamu wajib mengetahui target dan segmentasi pasar yang dituju, agar kamu dapat mengetahui pasar secara dan calon target kamu secara pasti. Seperti kamu tau targetmu siapa, umur berapa, bagaimana cara menjangkaunya dan lain-lain.

Dengan mengetahui hal ini kamu juga jadi bisa menyesuaikan strategi apa yang cocok digunakan.

3. Strategi pemasaran konvensional

Walaupun saat ini teknologi telah canggih, kamu tidak boleh melupakan marketing secara konvensional. Kegiatan pemasaran konvensional ini akan membuat kamu menjadi lebih kreatif dan inovatif lagi saat karena kegiatan pemasaran ini lebih mengedepankan hubungan kamu dengan konsumen menjadi lebih intens.

Beberapa cara ketika melakukan strategi pemasaran ini dengan memasang iklan, banner atau melalui strategi dari mulut ke mulut. Strategi word of mouth ini murah tetapi bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

4. Selalu update

Sebagai seorang pengusaha yang memiliki produk, sudah seharusnya kamu selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Mengikuti perubahan merupakan hal yang mutlak wajib dilakukan, karena perubahan adalah hal mutlak adanya.


Seperti itulah beberapa strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh perusahaan agar dapat atraksi lebih banyak di masyarakat. Simak artikel menarik lainnya disini.

Cek juga platform rekomendasi saham terbaik saat ini.