Teknik Membuat Plastik dan Juga Bahan Dasarnya

Posted on

Plastik adalah sebuah barang yang sudah tidak bisa dihindari oleh sebagian besar masyarakat dunia,plastik di produksi oleh pabrik-pabrik industri besar.Berikut Teknik membuat plastik.

Teknik Membuat Plastik dan Juga Bahan Dasarnya

Teknik membuat plastik

Proses pembuatan plastik

Plastik tidak akan muncul dengan cara sendirinya, ia perlu melalui sebuah proses pembuatan dari sebelum bisa digunakan sebagai hal yang bermanfaat. Bahan yang paling utama dalam membuat bahan plastik adalah biji plastik, yaitu berupa butiran yang berwarna bening dan berbahan dasar dari bahan kimia, stryin monomer.

1. Injection Molding

Proses ini bertujuan dimana plastik yang masih menjadi berupa bahan biji plastik atau pellet dimasukkan ke dalam sebuah tabung yang panas. Biji plastik yang telah masuk ke dalam bagian tabung yang panas nantinya akan meleleh. Lelehannya akan dibawa ke dalam semua cetakan,kalian bisa gunakan mesin pencacah plastik.

2. Ekstrusi

Proses yang bernama ekstrusi dalam membuat bahan dari plastik yaitu bekerja untuk menekan pada lelehan biji plastik hingga lebur dan menjadi bahan halus.

3. Thermoforming

Pada proses tahap yang satu ini, biji plastik yang telah leleh dan berubah menjadi sebuah lempengan, nantinya akan dipanaskan kembali dan masuk pada tahap proses saat pencetakan.

4.Teknik membuat plastik Blow Molding

Blow molding adalah suatu tahapan yang terakhir pada proses pembuatan plastik secara umum. Dimana biji plastik yang telah dilelehkan akan dicetak dan juga dibuat menjadi barang yang diinginkan sesuai permintaan.

Bahan-bahan:

1. Menggunakan Minyak Bumi

Bahan Minyak mentah yang baru diangkat ke kilang minyak melalui sebuah proses pemurnian bersamaan dengan gas dari alam. Etana dan juga gas yang bernama propana adalah sebuah produk yang akan dibuat dari proses pemurnian asli. lalu setelah itu gas etana dan propana dihancurkan menggunakan tungku yang panas, lalu etilana dan propilena akan terbentuk saat proses ini dilakukan.

Dalam sebuah reaktor gas etilana dan propilena akan dikombinasi menggunakan zat katalis untuk membentuk zat seperti bahan tepung. Zat itu adalah polimer plastik. Proses yang Selanjutnya melakukan ekstrusi yang mana plastik yang berbentuk cair. Plastik dalam bentuk zat cair akan dibiarkan hingga semua mendingin lalu pelletizer adalah proses pembentukan polimer menjadi sebuah pelet pelet kecil. Pelet pelet plastik ini juga yang akan kemudian menjadi bahan dasar dari pembuatan sisir, botol plastik hingga gigi palsu.

2. Dengan Tambahan Zat Karbon Dioksida

Sangat luar biasa bahwa bahan plastik dapat dibuat dengan menggunakan hasil minyak bumi. Namun diperlukan banyak minyak bumi untuk pembuatan sebuah plastik. Berbagai usaha yang dilakukan untuk mencegah habisnya sumber daya ini sangat penting.

Pada Desember 2009 sebuah perusahaan yang bernama Novomer memberikan pengumuman bahwa mulainya komersialisasi dari bahan yang polypropylene carbonate (PPC) menggunakan kombinasi seperti bahan karbon dioksida dan juga campuran dari minyak bumi. Dengan memperbanyak bahan karbon dioksida, minyak bumi yang diperlukan cara membuat plastik berkurang sampai dengan setengahnya.

3.Teknik membuat plastik Menggunakan Tongkol Jagung

Gula karbohidrat yang ada pada tongkol jagung bisa digunakan sebagai cara membuat plastik bahan polylatide polymer. Penemuan plastik yang akan dibuat dengan bahan jagung ini dapat mengurangi suatu ketergantungan terhadap semua bahan minyak mentah bumi yang tidak bisa diperbarui. Jenis plastik yang terbuat dari bahan tongkol jagung ini akan mencair jika dipanaskan lebih dari 114°C, oleh karena itu plastik yang terbuat dari bahan minyak bumi masih dipakai sampai sekarang.

Selain bahan dari tongkol jagung, langkah untuk membuat plastik juga bisa dari buah jeruk. Para ilmuwan masih terus mencari senyawa yang bisa menggantikan bahan minyak bumi untuk proses pembuatan plastik. Semoga di masa yang akan datang dapat ditemukan sebuah bahan dasar cara membuat plastik yang dapat diperbaharui untuk mengganti bahan dari minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui lagi.

Plastik akrilik

Plastik berbahan akrilik juga merupakan keluarga dari bahan plastik yang mengandung bahan campuran dari asam akrilat. Polymethyl methacrylate (PMMA) adalah bahan akrilik yang paling umum dan dijual di bawah berbagai nama merek seperti Crystallite, Lucite hingga Plexiglas.

Cara pembuatan plastik akrilik dalam wujud bubuk

dengan cara polimerisasi suspensi. Tangguhkan dalam larutan air dan juga tambahkan katalis. Hal ini akan menyebabkan bahan polimer terbentuk di antara tetesan monomer. Polimerisasi suspensi bisa berbentuk sebuah butiran-butiran plastik akrilik dengan wujud sangat spesifik. Gunakan bahan polimerisasi massal berkelanjutan dengan cara terus mencampur monomer dengan bahan katalis. Campuran bahan tersebut kemudian akan berjalan di antara sepasang bahan sabuk baja paralel. Keuntungan yang utama dari metode ini adalah proses yang berjalan tanpa batas, menghasilkan sebuah produktivitas yang lebih tinggi.

Teknik membuat plastik cara pembuatan plastik akrilik yang lebih tebal

dengan cara polimerisasi massal sel batch. sepasang peralatan kaca yang dipisahkan oleh bahan spacer untuk merakit sebuah beton dan pengaturan spacer untuk ketebalan yang akan diinginkan. Cetakan mampu berkontraksi saat proses polimerisasi karena spacer bersifat fleksibel dan juga mengikuti bentuk.

Baca Juga: Rumah Mesin

Mungkin itu yang bisa disampaikan informasi tentang Teknik membuat plastik,semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terimakasih.