Tips Agar Tidak Gugup Saat Ijab Qabul Berlangsung

Posted on

Nyaris tiap orang akan berasa gugup dan takut saat proses ijab qabul berjalan. Berikut beberapa panduan yang direferensikan supaya tidak grogi saat ijab qabul.

Walau hanya serangkaian kata, dibalik kalimat ijab qabul ada tanggung jawab yang sangat besar menunggumu sesudah kehidupan memiliki keluarga diawali. Hal tersebut juga yang biasanya akan membuat beberapa orang grogi saat akan ucapkan kalimat keramat ini.Ijab qabul adalah peristiwa yang ditunggu-tunggu untuk suatu pasangan. Untuk kamu yang bakal menikah sesaat lagi menggunakan cincin nikah couple yang menarik kemungkinan grogi saat pikirkan acara ijab qabul. Pada akhirannya kamu usaha sedapat mungkin supaya tidak grogi saat ijab qabul kelak.

[Beberapa Usaha Supaya Tidak Grogi Saat Ijab Qabul

Walau berkesan berat dan tidak bermain-main dalam penyuaraannya, janganlah sampai kamu grogi dalam acara ijab qabul, ya. Nach, berikut bermacam panduan yang bisa menolong memudahkan rasa grogi kamu saat acara ijab qabul berjalan.

  1. Yakinkan Kamu Ingat Benar Kalimat Ijab Qabul yang Akan Disampaikan

Panduan pertama yang bisa kamu coba dengan mengingatkan kalimat ijab qabul yang nanti akan kamu katakan. Janganlah sampai kamu tidak ingat benar-benar kalimat keramat itu saat acara ijab qabul tengah berjalan.

Agar mengingatnya, tentu saja kamu jangan malu saat latihan. Kamu bisa minta dana untuk seseorang untuk menolong proses hafalan ijab kabul. Kamu dapat bertandang ke calon ayah mertua untuk minta kontribusi sekalian mengakrabkan diri. Seandainya kamu tidak bawa saksi , ya.

Pengalaman suami saat mengingat yakni mengejanya di muka cermin. Hehe coba siapa yang tahu betul-betul dapat buat tidak terlampau grogi.

  1. Peringatkan Diri Jika Kamu Cuman Perlu Ucapkan Satu Kalimat Saja

Panduan ke-2  ialah mengingati dalam diri sendiri saat mulai rasakan grogi saat acara ijab qabul berjalan. Ingat, kamu perlu ucapkan sebuah kalimat. Walau artinya berat, tapi mengatakannya tidak akan sesusah yang kamu pikir, kok.

Upayakan benar-benar untuk singkirkan pemikiran negatif atau hal tahayul yang lain. Bermacam pertimbangan jelek hanya akan membuat kamu makin teraniaya. Seharusnya, kamu pikirkan beberapa hal positif yang dapat membuat kamu tenang dan santai.

Jadi yakinkan konsentrasisssss ….

  1. Ijab Qabul Tidak Harus Dilaksanakan dengan Satu Tarikan Napas

Tentu kamu pikirkan ini kan? Kenyataannya, asumsi bila ijab harus dilaksanakan pada sebuah tarikan napas dan jika terputus karena itu ijabnya tidak syah ialah sebuah kesalahan. Menurut jumhur ulama, ijab qabul ini bisa dilaksanakan dalam seringkali tarikan napas.

Yang paling penting, ijab qabul di antara calon mempelai pria dengan wali ini harus berturut-turut dan tidak mempunyai selang waktu.

Tujuan dari ‘’tidak mempunyai selang waktu” itu ialah acara ijab dan qabul dikerjakan pada sebuah waktu. Tidak ada interval panjang dan dikerjakan pada sebuah majelis (tidak beralih-pindah) . Maka, tidak boleh salah pengertian, ya.

  1. Berdoa

Saat sebelum dikerjakannya acara ijab qabul, sebaiknya bila kamu berdoa dengan khusyuk lebih dulu. Tidak cuma sebentar saat sebelum ijab diawali, tapi jauh hari saat sebelum hari-H ijab qabul yang bakal kamu kerjakan.

Dengan doa yang kamu panjatkan semoga acara ijab qabul akan terwujud secara lancar tanpa satu rintangan apa saja. Kamu dapat terbebas dari pengejaan ijab qabul salah atau kendala yang lain.

  1. Tidak boleh Lupa Makan

Kemungkinan beberapa dari kamu akan meremehkan hal kecil ini. Tetapi, janganlah sampai karena terlalu grogi kamu lupa makan. Upayakan supaya perut kamu janganlah sampai kosong saat sebelum acara ijab dan qabul berjalan. Bisa saja kelak kamu malah tidak fokus.

Yup, isi perut saat sebelum proses ijab benar-benar sangat penting. Tidak lucu kan jika mendadak perut keroncongan saat bersalaman dengan wali dari calon istrimu? Dengan makan dapat membuat konsentrasi kamu lebih terbangun dan siap untuk melakukan acara keramat dalam pernikahan kamu.

  1. Mengobrol Enteng Sebentar Saat sebelum Acara Ijab Dilaksanakan

Untuk beberapa orang, mengobrol sebagai salah satunya usaha efisien untuk hilangkan rasa gugup atau grogi. Kemungkinan langkah yang ini efisien untuk kamu yang grogi saat sebelum lakukan ijab dan qabul.

Tidak harus dengan percakapan yang berat-berat, cukup dengan percakapan enteng seperti gurauan kecil saja cukup. Ini ditujukan supaya keadaanmu lebih bagus dan bisa cairkan situasi dan membuat kamu lebih santai.