Trik Jitu Melindungi Anak Remaja dari Jerat Pergaulan Bebas

Posted on

cara membuat kerupuk seblak kering bantat

 

Pertemanan bebas disimpulkan sebagai perlakuan di luar batasan kewajaran yang menyalahi etika bersusila atau agama. Di Indonesia, pertemanan bebas mengarah pada penyimpangan narkoba, Kupas Habis Dampak Riil Bahaya Alkohol Pada Badan: Kerusakan Jantung Sampai Ginjal, dan kegiatan seksual yang tidak aman. Tragisnya, anak remaja paling rawan terperosok ke sikap ini.

Ingat, imbas yang diakibatkan dari sikap ini tidak bermain-main. Pada kasus hubungan seks pranikah, sikap ini dapat mengakibatkan kehamilan yang tidak diharapkan, penyakit menyebar seksual, sampai masalah yang lain pada tumbuh berkembang anak. Sementara penyimpangan narkoba dan alkohol bukan hanya mengakibatkan kerusakan organ badan saja, bahkan kematian.

Lalu, bagaimanakah cara membuat perlindungan anak dari pertemanan bebas? Yok lihat beberapa panduan tepat di bawah ini.

Keluarga, atau dalam masalah ini orang-tua, sebagai baris pertahanan pertama kali yang bertanggungjawab penuh membuat perlindungan anak.

Bila Anda tidak segera ambil langkah arif, bukan mustahil anak Anda turut terbawa arus pertemanan bebas yang makin mencemaskan. Berikut sejumlah hal yang penting Anda kerjakan:

Tidak bisa disangkal bila periode remaja ialah periode paling sibuknya anak. Tetapi saat anak dan Anda sama punyai waktu senggang, gunakanlah untuk sama-sama menanyakan berita dan tukar narasi.

Anda dapat memancing percakapan dari topik yang paling simpel. Misalkan, bertanya apa kegiatan anak di sekolah dan bagaimana anak Anda mengetahui manfaat sayuran umumnya berkawan dengan beberapa temannya. Kemudian, baru Anda giring percakapan ke topik khusus. Terangkan pada anak apakah itu pertemanan bebas pada umumnya, apa beberapa hal yang masuk ke perlakuan itu, dan apa resikonya untuk anak Anda pun beberapa orang disekelilingnya.

Terangkan secara perlahan-lahan dalam bahasa yang gampang dipahami anak. Persilahkan anak untuk menanyakan mengenai hal apa yang kiranya masih membuat mereka kebingungan. Tidak boleh malu untuk menjelaskan ‘tidak tahu’ bila Anda memanglah belum ketahui jawaban dari pertanyaannya.

Anak remaja punyai rasa ingin tahu yang tinggi mengenai sex dan seksualitas. Ini ialah sisi alami proses dari tumbuh berkembangnya. Tetapi, rasa ingin tahu yang tidak ditemani oleh pengetahuan oke bisa membimbing anak memberikan kepuasan rasa ingin tahunya melalui aliran yang lain biasanya tidak pas dan bisa saja beresiko. Misalkan dari internet, film porno, mitos-mitos, dan penekanan rekan seumuran.

Disini peranan Anda sebagai orang-tua benar-benar dibutuhkan. Pertemanan bebas benar-benar kuat dengan kegiatan sex yang tidak aman dan beresiko. Karena itu, mulai memperkenalkan pengajaran seksual ke anak sejak awal kali walau percakapan sekitar sex mungkin termasuk tabu untuk dibahas terus-terang.

Pengajaran seksual bukan hanya berkenaan hubungan seksual semata-mata. Anda bisa awali dengan menerangkan misalkan berkenaan ketidaksamaan badan lelaki dan wanita pada umumnya, peralihan badan saat puber, bagaimana kehamilan terjadi, resiko hamil di umur remaja, dan tempat-area badan yang jangan disentuh orang asing. Sampaikan juga anak untuk berani menampik atau larikan diri saat ada orang asing yang sentuh tempat-area itu.

Ya. Pengajaran seksual tidak cuma jaga anak remaja dari pertemanan bebas karena ingin “mencoba” karena ingin tahu. Pengajaran seksual awal dapat membuat perlindungan anak Anda dari bahaya penghinaan seksual oleh beberapa orang sekitaran.

Singkirkan semua kecanggungan yang kemungkinan Anda alami saat akan sampaikan ini pada anak. Ingat-ingatlah jika kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan anak lebih penting dibanding kerisian sebentar.

Yakinkan Anda tidak menerangkan secara berbelit karena anak Anda dapat salah tangkap atau malah kehilangan ketertarikan pada topik yang dibahas. Bikinlah dialog enteng ini dalam beberapa peluang. Dengan demikian, anak jadi punyai waktu untuk meresap dan ingat info yang didapatkan.

Mengaplikasikan ketentuan tegas di dalam rumah sebagai langkah tepat yang dapat dilaksanakan orang-tua untuk menghindar pertemanan bebas pada remaja. Aturan-aturan yang penting ditegakkan misalkan masalah jam pulang malam.

Berikan pada tiap anak, baik itu lelaki atau wanita, jangan pulang tengah malam. Minta anak-anak untuk sampai di dalam rumah minimal pada jam 8 malam. Terkecuali bila benar ada masalah lain dengan argumen yang kuat.

Disamping itu, bikinlah larangan tidak untuk ajak rekan-rekan musuh macamnya bermain di tempat kamar anak Anda.

Dalam beberapa kasus, sikap anak remaja tercermin dari lingkungan perteman mereka setiap hari. Ya, kasus penyimpangan narkoba, minuman keras, bahkan juga sex bebas dapat dipacu bila anak-anak Anda bermain dan bergabung di lingkungan yang memberikan dukungan beberapa hal itu.

Nach, oleh karena itu, yakinkan Anda mengenal semua rekan-rekan anak Anda secara baik. Jika memang perlu, minta anak Anda untuk ajak beberapa temannya ke rumah dan kenalan dengan Anda.

Ketahui lingkaran perteman anak memungkinkannya Anda untuk mengenali orang-tua anak-anak lain. Akhirnya, Anda bisa juga tukar pemikiran dan info mengenai panduan mendidik anak dengan orang-tua yang lain.

Upayakan Anda selalu mengawasi dan memantau semua aktivitas yang anak-anak kerjakan. Anda dapat minta anak Anda menghubungi setiap mereka akan melakukan aktivitas atau ke satu tempat. Yakinkan Anda ketahui kapan mereka akan pulang.

Anda dapat mengirim pesan singkat, menghubungi, atau lakukan panggilan video dengan anak Anda buat pastikan berita dan kehadirannya. Beri pengetahuan pada anak jika apa yang Anda kerjakan ini bukanlah sebagai wujud kekangan, tetapi pemantauan.

Pada intinya, tiap orang-tua punyai triknya masing-masing untuk memantau anak-anaknya. Apa saja triknya, yakinkan jika anak Anda tidak berasa berkeberatan atau bahkan juga ketekan dengan hal itu. Setujui apa yang terbaik untuk anak dan diri Anda sebagai orang-tua.

Periode remaja ialah periode anak sedang aktif-aktifnya coba beragam aktivitas. Apa saja aktivitas yang diputuskan anak sepanjang termasuk positif, dukunglah. Bila anak Anda sedang gaungr-gemarnya bermain sepak bola, Anda dapat mengikutkannya dalam club sepak bola. Begitupun bila anak Anda sukai melukis atau menggambar, Anda dapat membelikan seperangkatan alat gambar buatnya.

Pokoknya, alihkan perhatian anak dari pertemanan bebas lewat beragam kegiatan positif yang dia gemari.

Pakai kalkulator ini untuk mengecek Index Massa Badan (IMT) dan memeriksa apa berat tubuh Anda bagus atau mungkin tidak. Anda dapat memakainya untuk mengecek index massa badan anak.