Video Conference – Kebutuhan Untuk Setiap Bisnis

Apa yang dimaksud dengan video conference atau konferensi berbasis web? Melakukan konferensi antara dua atau lebih peserta di berbagai situs web dengan menggunakan jaringan komputer untuk mengirimkan data audio dan video. Sebagai contoh, point to point berarti sistem konferensi video conference dua orang berfungsi seperti telepon video. Untuk melakukan video conference, setiap peserta harus memiliki kamera, mikrofon, dan speaker yang terpasang di komputernya. Ketika dua peserta berbicara satu sama lain, suara mereka dibawa melalui jaringan dan dikirim ke pembicara lain, dan gambar apa pun yang muncul di depan kamera video, juga akan muncul di layar monitor peserta lainnya.

Video conference multipoint memungkinkan tiga atau lebih peserta untuk duduk di ruang konferensi virtual dan berkomunikasi seolah-olah mereka duduk berdekatan. Biaya perangkat keras untuk video conference bisa sangat mahal bagi sebagian besar perusahaan. Kendati demikian, banyak analis percaya bahwa video conference akan menjadi salah satu segmen industri komputer yang tumbuh paling cepat pada paruh terakhir dekade ini.

Video Conferencing adalah alat bisnis yang mudah diakses bahkan oleh bisnis kecil sekalipun. Penggunaan internet untuk tetap terhubung dengan kolega, karyawan, mitra, dan klien melalui video sangat mungkin dilakukan.

Video conference berbasis web semakin populer dengan adanya pengurangan biaya dan peningkatan teknologi. Penggunaan video conference bakal kelak menjadi alternatif yang efektif untuk melaksanakan meeting dengan cepat dan efisien. Video conference tidak akan berjalan dengan baik jika audiens/peserta tidak memiliki peralatan yang tepat. Mereka akan membutuhkan komputer atau laptop, koneksi internet dan juga mungkin mikrofon dan kamera web dengan kualitas baik. Terkadang sebuah peralatan mungkin tidak kompatibel dengan beberapa platform. Oleh karena itu, pastikan semua orang memiliki peralatan dan perangkat lunak yang kompatibel.

Sekarang ini, banyak perusahaan menawarkan penggunaan fasilitas video conference dengan membayar layanan sesuai kebutuhan. Jika budget kurang memungkinkan untuk memiliki sarana video conference sendiri, mungkin lebih bermanfaat mempertimbangkan layanan yang dapat Anda bayar setiap tahun atau satu kali penggunaan. Nah, mulai gunakan video conference sekarang dan hemat lebih banyak uang dan waktu untuk jangka panjang.